11 – 15 Mei 2016, Musi Triboatton 2016

0
807

PALEMBANG, test.test.bisniswisata.co.id: International Musi Triboatton (IMT) 2016 hadir kelima kalinya. Even tahunan yang sudah menjadi kalander pariwisata nasional, akan digelar di empat kabupaten satu kota di Sungai Musi provinsi Sumatera Selatan, pada tanggal 11 hingga 15 Mei 2016.

Tahun ini nampaknya akan lebih seru. Seru karena jumlah peserta membengkak. Seru karena berlangsung sebanyak lima etape juga menjadikan empat kabupaten dan satu kota menjadi tuan rumah.

Seru karena event olahraga kayak, dragon boat dan rafting ini, sudah ada travel biro atau agen perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata, dengan sebuah harapan jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) maupun nusantara (Wisnus) hadir menyaksikan Musi Triboatton 2016, kian membludak.

Selain itu, sungai Musi terjaga baik dengan adanya festival luar biasa ini. Empat kabupaten dan satu kota yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Internasional Musi Triboatton tahun ini adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, dan Kota Palembang.

Kini Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, diusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia.

Awal kegiatan akan dimulai di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi untuk etape pertama.

Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Etape ketiga dilaksanakan di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Etape keempat dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. Terakhir, etape kelima akan menjadi titik akhir peserta di Kecamatan 10 Ulu, Kota Palembang.

Musi Triboatton adalah lomba tiga jenis perahu (kano, naga, karet) dengan mengarungi Sungai Musi sejauh 500 kilometer yang melewati Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.

International Musi Triboatton 2016 merupakan paduan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu (boat) yaitu; river boat, kayak dan traditional boat racing (TBR), dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water). (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.