11 – 15 April 2016, International Tour de Banyuwangi Ijen 2016

0
1442
(Foto: Antarafoto)

BANYUWANGI, test.test.bisniswisata.co.id: Kejuaraan balap sepeda “International Tour de Banyuwangi Ijen” (ItdBI) kembali digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ajang balap sepeda Tour de Banyuwangi Ijen kembali hadir tahun ini yang akan berlangsung pada 11 – 15 Mei 2016 di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lomba balap sepeda internasional ini selain menghadirkan pebalap mancanegara dan nasional juga menjadi ajang promosi pariwisata Banyuwangi.

Balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin UCI dan masuk kategori 2.2. ITdBI yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2012 ini, pebalap akan berkompetisi dalam empat etape.
dengan panjang rute sekitar 600 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan melintasi berbagai destinasi wisata, baik itu pantai, perkebunan, city tour, hingga kaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru alias “blue fire”-nya.

Tanjakan menuju kaki Gunung Ijen merupakan tanjakan terekstrem karena berada di ketinggian 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan kemiringan 45 derajat, mengungguli tanjakan balap di luar negeri, seperti di Malaysia yang hanya di kisaran 1.500 mdpl.

Sementara di garis start dan finish, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan memamerkan dan menjual produknya. ITdBI 2016 akan lebih memperkuat paduan antara aspek olahraga, gaya hidup berbasis budaya lokal, penguatan ekonomi masyarakat, dan pariwisata.

International Tour de Banyuwangi Ijen telah berlangsung untuk sejak 2012 dan penyelenggara terus meningkatkan kualitas lomba dari tahun ke tahun. Sejumlah perubahan dilakukan, diantaranya memperkuat paduan aspek olahraga, gaya hidup berbasis budaya lokal, ekonomi dan pariwisata. ITdBI juga pastinya menampilkan atraksi seni tradisi Banyuwangi di sepanjang rute, serta melibatkan komunitas seperti pesepatu roda, freestyle sepeda dan sepeda tua.

Selama ITdBI berlangsung nanti, rute yang dilewati tidak hanya perkotaan saja tetapi juga sampai ke jalanan di pedesaan. Masyarakat Banyuwangi pun dengan senang hati menyajikan berbagai pertunjukan seni untuk menghibur pengayuh sepeda yang lewat, sekaligus memperkenalkan budaya Banyuwangi.

ITdBI dikenal sebagai kompetisi yang menantang dengan menjelajahi kawasan lereng Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, International Tour de Banyuwangi Ijen juga melintasi atau mendekati destinasi wisata lainnya seperti Pantai Pulau Merah, dan agrotourism Kalibendo.

Lomba ini digelar bersama ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) yang berafiliasi dengan Persatuan Balap Sepeda International (Union Cycliste Internationale atau UCI) dan juga telah masuk dalam kalender UCI. Rencananya ITdBI akan diikuti pebalap dari puluhan negara. Beberapa negara yang akan ikut ambil bagian adalah: Prancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, China, Italia, Uzbekistan, dan Indonesia.

ITdBI telah mendapatkan peringkat “Excellent” dari UCI sehingga menjadikan ajang tersebut sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.