11 – 14 Mei 2016, International Tour de Banyuwangi Ijen 2016

0
967

BANYUWANGI, test.test.bisniswisata.co.id: Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), kejuaraan balap sepeda skala internasional kembali hadir menyapa pecinta balap sepada dan pariwisata. Tahun ini akan berlangsung pada 4 – 7 Mei 2016 di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Lomba balap sepeda internasional ini selain menghadirkan pebalap mancanegara dan nasional juga menjadi ajang promosi pariwisata Banyuwangi.

Penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional memberikan dampak langsung atau direct impact dan media value yang tinggi. Juga diharapkan dapat mendongkrak pariwisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampaknya dirasakan langsung masyarakat dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Banyuwangi serta meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat Banyuwangi dari semula Rp 20,8 juta per orang/tahun pada 2010 menjadi Rp 38 juta per orang per tahun pada 2015 atau melonjak hingga 62 persen.

Selain itu, gencarnya pemberitaan media terhadap even ITdBI menjadi promosi yang efektif sehingga mendongkrak pariwisata Banyuwangi yang tahun ini menargetkan kunjungan 50.000 wisman meningkat dari tahun lalu 40.000 wisman dan 2 juta pergerakan wisnus dari tahun lalu 1,7 juta wisnus.

Selama empat hari, pebalap berkompetisi dalam empat etape melalui sejumlah tanjakan di kaki Gunung Ijen, melintasi sawah, sungai, serta pedesaan yang asri sebelum menyentuh garis finish. ITdBI juga menampilkan stan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di garis start dan finish setiap etapenya.

International Tour de Banyuwangi Ijen berlangsung sejak 2012 dan penyelenggara terus meningkatkan kualitas lomba dari tahun ke tahun. Sejumlah perubahan dilakukan, diantaranya memperkuat paduan aspek olahraga, gaya hidup berbasis budaya lokal, ekonomi, pariwisata.

Yang menggembirakan balap sepeda internasional telah menjadi agenda rutin (calendar of event) UCI (Union Cycliste Internationale). Bahkan, ITdBI mendapatkan peringkat excellent dari UCI dan ditetapkan sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia.

ITdBI juga menampilkan atraksi seni tradisi Banyuwangi di sepanjang rute, serta melibatkan komunitas seperti pesepatu roda, freestyle sepeda dan sepeda tua.

Selama ITdBI berlangsung, rute dilewati tak hanya perkotaan saja tapi juga sampai ke jalanan di pedesaan. Masyarakat Banyuwangi dengan senang hati menyajikan berbagai pertunjukan seni untuk menghibur pengayuh sepeda serta memperkenalkan budaya Banyuwangi.

ITdBI dikenal sebagai kompetisi yang menantang dengan menjelajahi kawasan lereng Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, International Tour de Banyuwangi Ijen juga melintasi atau mendekati destinasi wisata lainnya seperti Pantai Pulau Merah, dan agrotourism Kalibendo.

Lomba ini digelar bersama ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) yang berafiliasi dengan Persatuan Balap Sepeda International (Union Cycliste Internationale atau UCI) dan masuk dalam kalender UCI.

ITdBI diikuti 20 tim luar negeri dari 29 negara di antaranya tim papan atas Asia antara lain Pishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team yang merupakan juara 1, 2, 3 Asia serta tim Eropa seperti Timnas San Marino dan Tim Nasional Irlandia.
Pembalap dari Benua Amerika juga dipastikan hadir. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.