HALAL KULINER

10 Makanan Tradisional Asia Timur Yang Penuh Manfaat Kesehatan

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Tempura gulung udang dengan mayo pedas di atasnya, atau ayam goreng Korea mungkin adalah apa yang dipikirkan banyak orang ketika mereka mempertimbangkan untuk makan makanan Cina, Jepang, atau Korea untuk makan malam. 

Tapi masakan tradisional negara negara Asia Timur ini sebenarnya penuh dengan bahan-bahan yang sehat dan kuat, dan jauh melampaui hidangan populer ini.

Dilansir dari prevention.com, “Narasi bahwa masakan Asia tidak sehat sama sekali tidak benar. Apa yang dianggap banyak orang sebagai makanan Asia yang ‘tidak sehat’ seringkali merupakan produk asimilasi budaya—fakta bahwa orang Asia perlu berasimilasi dengan budaya Amerika untuk membuat makanan Asia lebih menarik bagi orang kulit putih,” kata Laura Iu, RD, ahli diet terdaftar dan bersertifikat konselor makan intuitif di New York City.

Hal itu hanya sisi timur benua. Masakan Asia Tenggara (seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia, hanya untuk beberapa nama), Asia Selatan (pikirkan: India atau Pakistan), dan Kepulauan Pasifik (seperti Hawaii) memiliki bahan-bahan tradisional yang unik dan bergizi. 

“Belajar tentang makanan dari masakan Asia yang berbeda adalah cara untuk membangun koneksi baru ke budaya yang berbeda dengan menghormati asal-usul dan menikmati berbagai makanan yang sehat dan lezat yang meningkatkan kesehatan Anda dengan mendiversifikasi mikroba usus Anda,” kata Sherene Chou, MS, RD, seorang ahli diet kuliner yang berbasis di California yang berfokus pada makanan, nutrisi, dan keadilan sosial yang berkelanjutan.

Baik Anda ingin meningkatkan rutinitas makan malam di hari kerja atau hanya mencoba mencari cara baru untuk menyiapkan bahan favorit, berikut adalah beberapa makanan tradisional Asia Timur populer yang akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan memukau selera Anda.

1.Miso

Sebagai awalan untuk sushi favorit Anda memiliki bahan yang ramah usus. “Miso adalah bumbu fermentasi yang terbuat dari kedelai dan mengandung probiotik yang mendukung kesehatan usus yang baik,” kata Iu.

Ini juga kaya akan kolin dan vitamin B, yang keduanya mendukung fungsi kognitif, dan vitamin K, yang membantu pembekuan darah. Cobalah berpikir di luar sup: Miso sangat bagus sebagai bumbu rendaman untuk daging atau ikan, atau dicampurkan ke dalam saus untuk disiram di atas sayuran.

2.Seitan

Anda tahu bahwa tahu adalah protein nabati yang ditampilkan dalam banyak resep Asia Timur, tetapi seitan adalah alternatif daging lain dengan akar di Cina dan Jepang, kata Chou.

“Seitan terbuat dari gluten gandum, protein nabati, dan dikembangkan oleh biksu Buddha di China dan Jepang,” jelas Chou. 

“Ini memiliki tekstur daging yang luar biasa dan tinggi protein dan zat besi.” Seitan sangat serbaguna, jadi perlakukan seperti yang Anda lakukan dengan daging atau alternatif nabati lainnya.

3.Bok Choy

Daun hijau ini secara teknis adalah sejenis kubis Cina, rasanya ringan dengan bagian tengah yang lembut namun renyah dan daun yang sedikit pahit. 

Selain enak, dayuran ini juga penuh dengan vitamin C dan E dan beta-karoten (semua melawan peradangan), serta serat, yang mendukung pencernaan yang baik dan membuat Anda kenyang, kata Iu.

“Cara memasak bok choy yang sehat dan enak adalah dengan menumisnya di wajan dengan bawang putih dan jahe sampai layu. Gerimis dengan minyak wijen dan kecap,” saran Iu.

4.Minyak wijen

Berbicara tentang minyak wijen, penambah rasa ini juga menyembunyikan beberapa nutrisi yang kuat. Ini diisi dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung.

Juga nengandung  antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang merusak dalam tubuh, dan asam amino yang disebut tirosin, yang meningkatkan kadar hormon serotonin yang meningkatkan mood.

“Minyak wijen panggang memiliki titik asap yang rendah, jadi lebih baik memasak dengan minyak yang berbeda dan menambahkan ini di akhir atau dicampur ke dalam saus. Jangan lupa sedikit banyak membantu dalam hal rasa dan aroma.” ujar Lu.

5.Rumput laut

“Rumput laut tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga dikemas dengan nutrisi,” kata Chou. Ini mengandung yodium, yang mendukung fungsi tiroid, serta zat besi, yang sangat penting untuk darah beroksigen yang sehat.

Rumput lauti juga mengandung protein dan antioksidan.“Selain menggunakannya untuk membuat sushi atau salad rumput laut, cobalah nori furikake (bumbu nasi rumput laut) sebagai tambahan yang bagus untuk hidangan nasi atau ditaburkan di atas roti panggang alpukat dan popcorn,” tambah Chou.

6.Nasi Putih

“Nasi putih adalah makanan pokok dalam budaya Asia, tetapi sayangnya menjadi makanan yang dibenci oleh budaya diet,” kata Iu. 

Meskipun benar bahwa nasi putih lebih rendah serat dan karenanya dicerna lebih cepat daripada biji-bijian utuh seperti beras merah, nasi putih “benar-benar bisa menjadi bagian dari diet sehat,” kata Iu.

Misalnya, kandungan seratnya yang lebih rendah berarti mungkin sebenarnya lebih mudah bagi orang dengan kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar untuk mencerna, dan jika Anda memiliki pradiabetes atau diabetes, pasangkan dengan protein dan lemak untuk memperlambat pencernaan dan mengurangi lonjakan gula darah, Iu menjelaskan.

 Nasi putih memang mengandung nutrisi—diperkaya dan sering mengandung folat dan magnesium, yang keduanya membantu produksi energi.

7.Daun bawang

Daun bawang digunakan sebagai hiasan dalam masakan yang tak terhitung jumlahnya, tetapi aromatik ini sangat baik untuk Anda dan digunakan dalam jumlah yang jauh lebih besar untuk menjadi bintang dari banyak hidangan Asia Timur.

Daun ini tinggi vitamin K dan quercetin, antioksidan yang menargetkan peradangan. “Anda bisa menambahkan bagian putih dan hijau ke hampir semua hidangan, dan Anda bisa menggoreng, merebus, memanggang, atau mengasinkan,” kata Iu.

 “Cara favorit yang saya suka menggunakannya adalah dengan memotong dan mencampurkannya ke dalam nasi goreng buatan sendiri.”

8.Kimchi

Sangat menggembirakan bahwa perlengkapan tradisional Korea ini mendapatkan popularitas — secara tradisional terbuat dari kubis, difermentasi, sehingga mengandung probiotik yang mendukung keseimbangan bug usus yang sehat, kata Chou.

Ini bagus sebagai camilan, atau Anda bisa mencoba menambahkannya ke semur, tumis, sandwich, atau telur.

9.Daikon

Jenis lobak Jepang yang lebih putih dan lebih panjang dari lobak merah yang mungkin Anda kenal, daikon digunakan dalam masakan Asia Timur yang dimasak, serta diasamkan. Ini memiliki kandungan air yang tinggi dan merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik.

10.Mie Soba

Terbuat dari tepung soba, mie soba Jepang kaya akan protein dan juga mengandung serat. Mereka sangat serbaguna — Anda bisa memakannya dingin, digoreng, atau ditambahkan ke sup.

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)