10 Juli – 28 Agustus 2016, Bali Mandara Mahalango III

0
1211
Tari Legong Kipas (Foto: http://ayomenari.com)

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Sebanyak 57 sekaa atau sanggar dan komunitas seni di Bali akan memeriahkan ajang Bali Mandara Mahalango III di Taman Budaya Denpasar, yang digelar mulai 10 Juli hingga 28 Agustus 2016.

Bali Mandara Mahalango (BMM) tahun 2016 digelar untuk ketiga kalinya, merupakan salah satu wadah untuk peragaan kesenian klasik Bali dan modern yang ada di Pulau Dewata.

Memang, pagelaran yang dipentaskan dalam BMM tidak sebanyak saat Pesta Kesenian Bali (PKB) yang berlangsung selama sebulan penuh dari 11 Juni-9 Juli 2016, karena memang dana yang dialokasikan jauh berbeda.

BMM, dana yang disiapkan sebesar Rp1,95 miliar sehingga hanya satu pementasan yang bisa ditampilkan dalam satu hari, berbeda dengan PKB yang setiap harinya minimal ada enam pementasan. Pemprov Bali sendiri untuk PKB mengalokasikan lebih dari Rp7 miliar, ditambah dengan dana dari pemerintah kabupaten/kota.

Meski demikian, diharapkan masyarakat Bali maupun wisatawan dapat hadir berbondong-bondong menyaksikan berbagai pagelaran yang dipentaskan seperti halnya saat PKB maupun dalam gelaran BMM tahun-tahun sebelumnya.

Sebanyak 57 sekaa yang akan tampil terbagi dalam beberapa jenis kesenian. Ada seni kolosal unggulan, seni kerayatan unggulan, seni klasik tradisional, seni kreasi baru pilihan, seni kolaborasi, seni kolosal, seni wayang Cenk Blonk, busana teatrikal, dan partisipan.

Kesenian yang ditampilkan di BMM, adalah kesenian pilihan yang mempunyai nilai estetis tinggi dan sudah diakui “kemahalangoannya” atau kemapanannya.

Masih dalam rangkaian BMM, tidak hanya dipentaskan di Taman Budaya Denpasar, juga pagelaran yang ditampilkan di panggung timur Monumen Bajra Sandhi Denpasar dan Halaman Kantor Gubernur Bali, untuk menyambut Hari Jadi Pemprov Bali pada 14 Agustus 2016.

Di Monumen Bajra Sandhi akan ditampilkan seni kolaborasi, joged bumbung, dan bondres inovatif dari 14-17 Agustus 2016, demikian juga usai Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus akan ada seni kolaborasi dari SMAN Bali Mandara di Halaman Kantor Gubernur Bali. Silahkan Datang, jika tertarik Menyaksikan dunia kesenian? ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.