10 Hari Terakhir Ramadhan, Hotel Makkah Full Booked

0
604
Kamar hotel di Makkah

MEKKAH, test.test.bisniswisata.co.id: Hotel-hotel di Makkah, Arab Saudi penuh selama Ramadhan. Pada Selasa (28/6), Saudi Gazette melaporkan hotel di pusat Mekah mencatat angka pemesanan tertinggi Ramadhan ini. Bahkan, reservasi untuk kamar hotel dan suite full booked mencapai 100 persen di 10 hari terakhir Ramadhan.

Menurut eksekutif hotel, total nilai reservasi mencapai satu juta riyal atau Rp 3,5 miliar. Setiap orang atau lembaga telah membayar untuk 124 ribu kamar dari 162 ribu kamar hotel yang tersedia. Manager marketing dan pemesanan di sebuah hotel di Makkah, Rida Chelbi mengatakan, 810 kamar di hotelnya sudah terisi.

Pemesanan kamar juga termasuk makan berbuka puasa, bahkan sejak 10 hari pertama Ramadhan. Meski harga kamar sedikit naik dari biasanya, seluruh kamar tetap laris. Menurut Chelbi, kamar-kamar ini dipesan oleh pengusaha dari dalam dan luar negeri.

Menurut seorang resepsionis, kepadatan aktivitas di bulan ini meningkat hingga 95 persen. Selain karena urusan bisnis, hotel juga terisi oleh jamaah umroh dan pengunjung.

Direktur general Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Kebudayaan Nasional Makkah, Faisal Al-Sharief mengatakan ada 162 ribu kamar hotel tersedia untuk jamaah umroh dan pengunjung. Total ada 947 hotel dan apartemen di Makkah. “Di antaranya 480 hotel dan 107 apartemen,” kata dia.

Sebanyak 30 di antaranya adalah hotel bintang lima, 28 hotel bintang empat, 125 hotel bintang tiga dan 105 hotel bintang dua. “Hotel dan apartemen di Mekah bisa mengakomodasi hingga dua juta jamaah setiap bulannya,” ungkapnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.