10-14 November 2015, Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-7

0
767

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Forum Pelajar Indonesia (FOR) – kegiatan akbar tahunan mempertemukan para pelajar SMA-SMK-MA se- Indonesia kembali digelar. FOR ke-7 mengangkat tema “Revolusi Karakter Pelajar Indonesia” akan dilaksanakan pada 10-14 November 2015 di Jakarta, yang rencananya dibuka Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, pada Selasa, 10 November 2015.

FOR merupakan program dari Indonesia Student & Youth Forum (ISYF), yang diselenggarakan setiap tahunnya dan pertama kali dilaksanakan pada 2009. Saat ini terdapat lebih dari 1300 alumni yang tersebar di 33 Provinsi, 157 Kabupaten Kota, 403 sekolah tingkat SMA-SMK-MA seluruh Indonesia.

Tahun ini, diikuti 250 pelajar bertujuan agar pelajar dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada pemegang kebijakan dari pemerintah dan sektor bisnis, munculnya kesepakatan untuk melakukan gerakan sosial bersama, bertambahnya pengetahuan dan keterampilan pelajar serta terbangunnya jaringan diantara pelajar seluruh delegasi FOR.

Pemiliham Tema “Revolusi Karakter Pelajar Indonesia” sejalan dengan konsep Revolusi Mental yang diusung oleh pemerintah saat ini untuk mendukung program dalam upaya menciptakan generasi unggul yang mempunyai pengetahuan luas dan keterampilan sesuai dengan minat dan bakatnya. Revolusi melalui perubahan pola pikir dan budi pekerti seorang pelajar juga diperlukan saat ini karena banyak pelajar di Indonesia yang masih kurang memiliki motivasi dan minat untuk belajar.

Dalam kegiatan FOR ke-7, para peserta kali akan mendapat pembekalan dari tokoh-tokoh inspiratif dari kalangan korporasi yang diharapkan dapat membangun kreatifitas dan menumbuhkan semangat profesinalisme serta entrepreuneurship.

Peserta akan mendapatkan kesempatan beraudiensi dengan Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek, CEO Trakindo Group Bari Hamami, Presiden RI Joko Widodo, Menteri Perdagangan RI Thomas Lembong, Dubes Amerika Robert Blake, CEO IBM Networking Dinner Gunawan Santoso, CEO Exxon Mobil Indonesia John Gibbs,

Juga Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN George Lantu, CEO Triputra Group Arif Rahmat, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan CEO CnC. Tidak hanya itu ,peserta FOR kali ini dapat bertatap muka dan bisa berdiskusi langsung dengan tokoh muda inspiratif seperti founder KASKUS, Ken Dean Lawadinata, Naya Anindita sebagai sutradara muda serta aktor muda Albert Halim. Sesi tokoh muda tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2015 di Blok M Plaza.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menghasilkan pelajar dan sekolah yang berkarakter. Dan pada akhir tahun nanti akan diberikan penghargaan melalui pelajar atau sekolah karakter award.

Dengan mengikuti FOR, pelajar juga diharapkan mendapatkan pengetahuan, pengalaman, akses informasi, jaringan, kerjasama diantara pelajar dengan pelajar, pelajar dengan pemerintah-private sector-media-non-government institution, liburan yang positif, dan rencana social project di daerah.

Peserta yang turut serta dalam FOR ke-7 harus melalui beberapa tahap seleksi dan mulai tahun ini sudah 100% menggunakan sistem online. Terdapat 3452 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta harus memenuhi kualifikasi antara lain administrasi (prestasi akademik & non-akademik), kesehatan, menulis esai online dengan tema “Revolusi Karakter Pelajar Indonesia”, dan membuat rencana program setelah mengikuti kegiatan. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here