1.115 Goa di Pangandaran Ditawarkan Wisatawan

0
1816
Goa Sutra Rerengan Pangandaran (foto: .beachpangandaran.com)

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Destinasi wisata Pangandaran, bukan hanya keindahan alam, sungai dan wisata pantai yang terkenal. Kini, Pangandaran mengembangkan obyek wisata baru yakni wisata goa yang ditawarkan ke wisatawan. Mengingat, di wilayah Pangandaran memiliki 1.115 goa.

“Jumlah goa ini terbanyak di Indonesia. Makanya Pangandaran layak disebut negeri seribu goa. Dan kita akan kembangkan terus, untuk ditawarkan ke wisatawan yang suka wisata goa,” papar Pejabat Bupati Pangandaran, Enjang Naffandi di Bandung, kemarin.

Dilanjutkan, goa yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan adalah goa Sutrareregan di Kecamatan Parigi dan goa Sinjanglawang di Kecamatan Langkaplancar yang panjangnya 500 meter lebar 35 meter dan tinggi 65 meter. “Ada lima Goa disana (Sutrareregan), bentuknya unik karena didalamnya ada air yang menarik,” kata dia.

Didalam goa Singjanglawang, lanjut dia, bisa dipakai jalan kendaraan, pakai air juga bisa. Dan goa ini pernah dilombakan di tingkat nasional mendapat juara lima besar, sementara untuk tongkat provinsi ini nomor satu.

Keindahan alam goa Sinjanglawang membuat, Enjang ingin mengembangkan. Dia berharap bantuan destinasi wisata dari Provinsi sebanyak Rp10 miliar akan digunakan ke goa itu. “Anggaran destinasi itu kemungkinan ke Sinjanglawang. Karena memang disana sesuai harapan pak wagub,” tutur dia, seraya menyebut saat menuju lokasi akan dibuat atraksi wisata seperti pentas seni.

Dari seribu lebih goa tersebut, Enjang mengaku hanya beberapa goa saja yang dilakukan perawatan. Selain Sumber Daya Manusia (SDM) minim, Enjang juga menyebut Pemkab Pangandaran masih belum mempunyai anggaran tetap.

“Saya baru mengunjungi yang menjadi kunjungan wisata. Padahal Goa sangat banyak dan paling banyak di indonesia. Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Jawa Barat. Namun, banyak kalangan yang tidak mengetahui keunikan dari Pangandaran itu sendiri,” jelas dia.

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar mengatakan, Pangandaran harus mempunyai destinasi yang unik atau seksi, agar semakin menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten termuda di Jawa Barat ini.

Menurut dia, sebuah tempat wisata harus memiliki keunikan agar dapat mengundang orang untuk datang. “Saya menginginkan Pangandaran memiliki destinasi yang unik atau seksi, dan menjadi unggulan di Pangandaran. Kalau saya bertanya apa yang membuat saya harus ke Pangandaran? Tidak ada yang harus membuat saya ke Pangandaran. Apa uniknya? Makanya perlu destinasi yang unik dan unggulan, yang seksi,” ucap dia.

Pria yang akrab disapa Demiz ini mengatakan, pihak pemprov telah membentuk sebuah tim untuk mendata potensi wisata unik yang dimiliki daerah-daerah di Jawa Barat, termasuk di Kabupaten Pangandaran.

Selain lokasi yang indah, hal lain yang dapat mendukung berkembangnya sebuah tempat wisata, yaitu sumber daya manusia pengelolanya serta infrastrukturnya.

“Seluruh kabupaten/kota termasuk Pangandaran harus memiliki agenda wisata dalam sebuah kalender event yang jelas, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah mencari tahu kegiatan wisata (baik seni ataupun budaya) yang akan digelar dari setiap daerah,” ucapnya seperti diunduh laman Inilah.com, Ahad (23/11/2014).

Dalam mengembangkan sebuah kawasan wisata yang unik dan menarik, lanjut Demiz, harus terlebih dahulu dilakukan strategi perencanaan dengan matang dan melibatkan masyarakat, serta fokus pendanaan yang harus dilakukan yang hanya diperuntukkan untuk daerah yang telah masuk dalam perencanaan tersebut.

‚ÄĚJadi kalau sudah ditentukan untuk Sindang Rawa, misal, jangan lempar ke Batu Karas, Rp1 pun tidak boleh ke Batu Karas. Makanya dibuat perencanaannya seperti apa serta bagaimana bisa melibatkan masyarakat di dalamnya,” tutur Wagub.

Ada 7 Goa alam menakjubkan di Cagar Alam Pangandaran, yang kerap dikunjungi wisatawan.

1. Goa Parat (goa Keramat)

Goa ini cukup panjang sekitar 200 meter dan tembus kepantai, dikatakan goa parat karena dalam bahasa sunda parat itu artinya tembus, konon ceritanya goa ini merupakan patilasan penyebar agama Islam di masa kerajaan pananjung ( Galuh pangauban ) yang bernama Syeh Ahmad ( Pangeran kasepuhan ) dan Syeh Muhamad ( Pangeran Kanoman )
Keunikan keunikannya yaitu : Batu Stalagtit yang mirip seperti kelamin laki – laki dan perempuan, Batu Stalagtit yang mirip seperti paha ayam, Batu Stalagmit yang mirip seperti hewan unta, Batu cikaracak, hewan landak dan kelalawar.

2.Goa Miring (Goa Cemped)

Goa miring merupakan goa tembusan, sering disebut miring karena untuk menembus goa ini penugunjung harus memiringkan badan, keunikan di dalam goa ini terdapat yaitu sebuah batu yang menyerupai seperti pocong, kuntilanak, batu angel atau batu bidari serta batu tulang tengkorak.

3. Goa Sumur Mudal

Goa ini dikatakan goa sumur mudal karna dahulu didalam goa ini terdapat sebuah mata air yang membentuk sebuah sumur dan airnya mudal (mendidih) makanya sampai sekang dikatakan goa sumur mudal.

4. Goa Lanang

Goa ini merupakan merupakan patilasan kerajaan Pananjung ( Galuh Pangauban ) yang dahulu digunakan sebagai keraton sementara kaerajaan, dikatakan goa lanang karena di dalam goa ini terdapat batu yang membentuk seorang anak laki – laki yang habis di sunat,keunikan lainya di diding goa terdapat batu gamelan yang bila ditabuh menggunakan tangan bisa mengeluarkan nada.

5. Goa Panggung

Goa ini disebut goa panggung karna kondisinya menyerupai seperti panggung, didalam goa ini terdapat simbol makam Mbah jaga lautan ( Kyai pancing benar ) keponakan dari Ibu Ratu pantai selatan ( Dewi nyi loro kidul ).

6. Goa Cirengganis

Merupakan goa yang mengeluarkan sumber mata air yang konon tidak pernah kering meski di musim kemarau panjang,mitos lainnya yaitu bahwa sumber mata air cirengganis dapat membuat awet muda.

7. Goa Karang Bolong

Goa karang (Batu Bolong) dimana pada batu karang yang megah berdiri kokoh di tengah laut itu terdapt batu (karang) yang bolong, bahkan jika Anda sedang beruntung atau air laut dalam keadaan surut Anda bisa melaluinya dengan perahu yang Anda tumpangi sehingga menambah kenikmatan dalam berwisata air khususnya di pantai Pangandaran. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.