02 Oktober 2016, Batik Run

0
1284
Peserta Batik Run (Foto: specialpengetahuan.blogspot.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Merayakan Hari Batik Nasional , komunitas lari IndoRunners menggelar kegiatan lari yang sangat unik dan menarik. Even lari bertajuk Batik Run 2016 ini, pesertanya diwajibkan mengenakan atribut bermotif batik. Mulai penutup kepala bermotif batik, selendang batik, kemeja atau kaos batik, celana batik dan sepatu batik jika ada. Batik RUN sejauh 3 hingga 5 Kilometer dengan start di FX Senayan. Acara ini digelar pada 2 Oktober 2016.

Bagi IndoRunners – adalah sebuah gerakan perubahan untuk Indonesia sehat dengan menyebarkan virus lari yang anggota di seluruh Indonesia dan setiap tahun menggelar acara lari bersama dengan tema yang berbeda. Nah, bertepatan dengan Hari Batik Nasional kembali diramaikan dengan peserta yang wajib menggenakan atribut bermotif batik.

Event Batik Run ini sudah rutin diadakan sejak tahun 2011. Tujuannya ingin memunculkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia terhadap budaya batik. Apalagi batik sudah diakui UNESCO sebagai kebudayaan asli Indonesia pada 2 Oktober 2009. Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober pun disahkan sebagai Hari Batik Nasional.

Saat ini, Komunitas lari terbesar di Indonesia ini memiliki 45 regional dari Aceh hingga Jayapura dan terbuka bagi siapa saja saja guna memberi kesempatan bagi para anggotanya untuk melakukan kegiatan olahraga lari bersama secara rutin atau pada acara tertentu.

IndoRunners lahir pada 12 Desember 2009, diawali oleh inisiatif Reza Puspo, dengan membuat sebuah lomba lari virtual untuk sebuah situs merek olahraga international. Lomba virtual tersebut ternyata berhasil menarik minat banyak orang untuk berpartisipasi sehingga akhirnya komunitas ini sudah berjalan selama 6 tahun.

Kegiatan IndoRunners antara lain, lari bersama setiap hari minggu (Sunday Morning Run) dan kamis malam (Thursday Night Run), mengikuti lomba-lomba lari (5k, 10k, 21k, dan 42k) di Indonesia dan seputar Asia, serta berbagi ilmu maupun tips seputar olahraga lari. Dengan adanya kegiatan rutin, komunitas IndoRunners ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa sebenarnya lari adalah olahraga yang menyenangkan dan tidak sulit untuk dijalani.

Thursday Night Run, diadakan setiap Kamis pada pukul 19.30 malam yang dimulai di fX, Senayan. Sedangkan Sunday Morning, diadakan setiap hari minggu pada pukul 06.00 pagi. Jarak lari yang ditempuh, berkisar dari 3-9 km. Jalur berlarinya menyusuri Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Gelora Bung Karno, Jalan Asia Afrika, lalu kembali ke titik awal berkumpul di Jalan Jenderal Sudirman (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.