Zoo App, Aplikasi Ragunan Memudahkan Wisatawan Berwisata

0
604

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Pengelola Kebun Binatang (Bonbin) Ragunan memperkenalkan “Zoo App” atau aplikasi kebun binatang yang dapat memudahkan pengunjung memperoleh informasi tentang lokasi dan kegiatan hewan di seluruh area kebun binatang yang terletak di Jakarta Selatan itu.

“Dengan aplikasi ini, pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi hewan yang ingin dilihat,” ujar Humas Kebun Binatang Ragunan Wahyudi Bagus di Jakarta, Jumat (17/7).

Aplikasi yang diumumkan oleh salah satu penyedia layanan seluler pada awal Juni lalu itu terhubung dengan sistem GPS yang dapat mengidentifikasi posisi penunjang dan lokasi-lokasi binatang yang ingin dituju.

Selain lokasi binatang, aplikasi tersebut juga membantu pengunjung mengetahui informasi lain seperti jadwal pemberian makan hewan, koleksi seluruh binatang di Kebun Binatang Ragunan, fakta menarik seputar satwa, serta suara masing-masing hewan seperti harimau Sumatera, beruang, siamang, gorila, singa, monyet, kijang, orangutan, unta, burung, dan gajah.

Bagi pengguna Android, aplikasi tersebut bisa dengan mudah diunduh melalui Playstore dengan kata kunci “Ragunan Zoo”. “Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh oleh seluruh pengguna seluler di seluruh dunia,” kata Wahyudi.

Menurut dia, libur Lebaran tahun ini merupakan momen yang tepat untuk mengenalkan aplikasi tersebut kepada para pengunjung karena jumlah pengunjung yang mendatangi Kebun Binatang Ragunan bisa mencapai 800.000 orang.

Salah seorang pengunjung bernama Sigit Susyanto (31) mengaku “Zoo App” sangat bermanfaat dan mudah diakses.n”Apalagi anak saya masih kecil, jadi mendengar suara-suara hewan di aplikasi itu bisa jadi hiburan juga buat dia,” ujar pria yang berdomisili di Bekasi, Jawa Barat itu.

Untuk Lebaran hari pertama ini, pengelola Kebun Binatang Ragunan memperkirakan jumlah pengunjung tidak terlalu banyak, hanya berkisar antara 25.000-30.000 pengunjung.

Puncak keramaian diperkirakan akan terjadi pada Lebaran hari kedua Sabtu (18/7) dan hari ketiga Minggu (19/7) karena para pengunjung sudah bisa memanfaatkan waktunya untuk berwisata setelah saling bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Berdasarkan data pengelola Kebun Binatang Ragunan, jumlah pengunjung selama 10 hari libur Lebaran tahun lalu mencapai 830.000 orang.

Hari pertama Lebaran 2014 taman margasatwa yang berlokasi di Jakarta Selatan itu dikunjungi 28.779 pengunjung, sedangkan hari kedua jumlahnya meningkat menjadi 122.149 pengunjung. Puncak keramaian sendiri terjadi pada hari ketiga Lebaran 2014 dengan jumlah pengunjung mencapai 167.123 orang. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY