Yuk, Nobar Gratis 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship

0
70

JAKARTA,bisniswisata.co.id:  Indonesia menjadi tuan rumah  Kejuaraan senam artisik bertajuk 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship (JAGAC) 2018 yang akan digelar di Jakarta, 25-28 April 2018 di Istora Senayan, Jakarta.

“Sebanyak 23 negara sudah dipastikan akan mengikuti ajang yang masuk dalam kalender AGU (Asian Gymnastics Union) atau Federasi Senam Asia, sebagai kejuaraan pra-kualifikasi Youth Olympic  di Argentina pada Oktober 2018,” kata Ita Yuliati, Competition Manager 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship, hari ini.

Adapun negara yang mengikuti ajang ini adalah Bangladesh, China, Indonesia, India, Iran, Iraq, Jepang, Kazakhstan, Korea Selatan, Arab Saudi, Malaysia, Mongolia, Filipina, Korea Utara, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Thailand, Turkmenistan, Taiwan, Uzbekistan, dan Vietnam.

“Kami bangga bisa terpilih menjadi tuan rumah dari 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship. Kejuaraan ini merupakan single event Gymnastics Internasional pertama di Indonesia,” ungkapnya.

Batas usia untuk peserta 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship adalah 14-17 tahun untuk atlet putra (kelahiran antara 1 Januari 2001 hingga 31 Desember 2004) dan untuk atlet putri berusia 13-15 tahun (kelahiran antara 1 Januari 2003 hingga 31 Desember 2005).

Ita Yuliati menambahkan, cabang olahraga Gymnastics di Indonesia belum banyak dikenal di masyarakat. Kegiatan ini menjadi sarana promosi dan edukasi sehingga Gymnastics lebih dikenal secara luas sehingga pada saat Asian Games peminatnya akan meningkat.

Kejuaraan 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship ini, ujarnya, juga menjadi test event untuk menilai kesiapan dan  mengevaluasi kesiapan panitia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Mantan pesenam remaja ini menambahkan pihaknya  sangat antusias karena turnamen internasional junior digelar di Indonesia sehingga para pesenam Indonesia bisa melihat secara langsung kompetensi para pesaing dari negara lainnya di tingkat Asia.

“Khususnya bagi pesenam junior Indonesia, ajang ini sekaligus digunakan untuk mendapatkan pengalaman tanding di turnamen internasional,” ujarnya.

Dalam turnamen yang menggelar kategori putra dan putri ini, Indonesia akan menurunkan lima pesenam putra dan lima pesenam putri junior.

Faisal Reza yang merupakan Manajer tim senam Indonesia untuk 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championships menyatakan bahwa tim Indonesia sudah siap untuk tampil di Istora.

“Kami sudah mempersiapkan tim dan akan memberikan penampilan yang terbaik di 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship,” kata Faisal.

Bukan hanya atlet yang dipersiapkan, kesiapan arena juga menjadi perhatian penyelenggara. Sejak akhir tahun lalu, penyelenggara terus melakukan koordinasi sebelum menyambut para kontingen dari 22 negara, di luar Indonesia.

“Kami melakukan koordinasi, mulai dari venue, transportasi, akomodasi, hingga katering. Semua harus sudah disiapkan agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik. Apalagi kejuaraan ini juga menjadi ajang senam internasional pertama yang digelar di Indonesia,” ucap Ita.

Dia berharap masyarakat dapat menyaksikan langsung keseluruhan pertandingan yang akan dimulai pada tanggal 25 April hingga 28 April 2018. “Kami ingin lebih memperkenalkan Gymnastics di masyarakat sehingga untuk kegiatan ini penonton tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Sebagai kegiatan test event Road to Asian Games 2018, PB Persani memperoleh bantuan dana dari INASGOC sebesar Rp2 miliar yang akan digunakan sebagai biaya sewa venue di Istora Senayan.

15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship juga akan disiarkan live streaming yang bisa disaksikan melalui www.flogymnastics.com. Pertandingan ini tidak dikenakan biaya.

Penonton bisa melakukan registrasi melalui link https://www.eventbrite.com/e/15th-junior-artistic-gymnastics-asian-championship-tickets-44578231691 dan berpartisipasi dalam kuis yang diadakan online di IG @indonesiagymnastics dan FB page @inagym

Senam artistik adalah salah satu disiplin yang akan digelar di Asian Games 2018 ketika Indonesia menjadi tuan rumah di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Selain senam artistik, senam ritmik dan trampoline juga akan dipertandingkan di Asian Games 2018.

               

LEAVE A REPLY