Yogyakarta, Destinasi Terpopuler Liburan Akhir Tahun 2015

0
488
Wisata alam Gua Pandul Yogya (foto: http://kopertrip.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: HASIL studi dari lima juta pengguna aplikasi mobile situs Traveloka menyebutkan Yogyakarta adalah tempat liburan terpopuler. Selain Yogyakarta, Bandung dan Bali juga menjadi destinasi domestik yang banyak dicari pengguna.

Sedangkan destinasi luar negeri terpopuler yang banyak dicari oleh wisatawan Indonesia untuk liburan Tahun Baru adalah Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok. Demikian hasil survei yang dilakukan sejak November hingga Desember 2015.

Meskipun libur Tahun Baru ini tergolong libur akhir pekan yang panjang, namun kebanyakan orang justru tak ingin menghabiskan liburannya terlalu lama di luar kota atau luar negeri, papar Ferry Unardi, CEO Traveloka dalam siaran persnya yang diterima redaksi test.test.bisniswisata.co.id, Rabu (30/12/2015).

Studi ini juga mengungkapkan mayoritas wisatawan Indonesia hanya menghabiskan waktu 1-2 malam saja untuk berlibur di akhir tahun 2015. Sekitar 40 persen wisatawan Indonesia memilih menghabiskan waktu semalam dan 45 persen lainnya memilih dua malam untuk liburan. Sisanya, hanya 10 persen wisatawan yang menginap tiga malam dan lima persen yang menginap empat malam atau lebih.

“Kebanyakan orang sudah sangat mempersiapkan liburannya. Data tersebut menunjukkan antusiasme wisatawan Indonesia dalam menyambut liburan akhir tahun 2015, yaitu dengan mempersiapkan akomodasi liburannya sejak jauh-jauh hari.” jelasnya.

Studi ini juga mengungkapkan 50 persen wisatawan Indonesia menyiapkan tempat mereka menginap minimal tujuh hari sebelumnya sampai di hari H liburan. Kebiasaan ini dikenal dengan nama spontaneous travel.

Sementara 50 persen lainnya lebih merasa tenang dan aman jika sudah memesan hotel sejak jauh-jauh hari. Setidaknya mereka memesan hotel sejak delapan hari sebelum liburan, tutupnya. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.