Yoga di Atas Air, Mau Coba?

0
524

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Yoga – sebuah metode olahraga yang berkaitan dengan meditasi, sehingga tak hanya menyehatkan, namun juga bermanfaat menenangkan pikiran dan menghilangkan stres. Inilah sebabnya yoga juga baik untuk perkembangan mental.

Terdapat beberapa jenis yoga mulai dari yoga bikram hingga hatha. Namun, baru-baru ini terdapat jenis yoga yang menjadi tren di kalangan penggemar yoga. Dinamakan paddleboard yoga atau yang juga dikenal dengan nama yogaqua, siapa pun yang melakukan jenis yoga ini harus berdiri di atas papan selancar yang mengambang di air.

Jenis yoga terbaru ini mempraktikkan cara mengontrol napas sambil melakukan berbagai posisi yoga dan menjaga keseimbangan tubuh. “Orang-orang bilang itu seperti berjalan di atas air,” kata instruktur paddleboard yoga, Gillian Gibree, yang telah mengajar yoga jenis ini sejak 2009.

Sebelum melakukannya di air, para peserta harus berlatih di darat terlebih dahulu untuk melatih keseimbangan saat melakukan beberapa posisi yoga. “Yoga di atas papan selancar adalah sebuah tantangan tersendiri karena memakan waktu lebih lama untuk menjaga keseimbangan,” jelasnya, dilansir Reuters.

Karena papan tidak stabil, lebih banyak kelompok otot yang dilatih untuk menjaga keseimbangan, kata Gibree, yang telah mengajar yogaqua di sungai, teluk, danau bahkan laut. “Untuk pemula, sebaiknya memulai di air yang tenang,” tambahnya.

Jenis yoga ini juga ternyata menggabungkan teknik klasik dari dua tradisi kuno yang berasal dari Hawaii dan Peru. Ini merupakan jenis yoga yang konon banyak dilakukan oleh nelayan zaman kuno yang berlayar dari Polinesia ke Peru.

Kelas paddleboard yoga dimulai dengan pemanasan, pernapasan dan stabilitas latihan di darat, seperti kelas yoga biasa. Setelah berada di atas air maka peserta dapat mulai mengeksplorasi gerakan dasar yoga. Biasanya kelas yoga ini dilakukan di kolam renang indoor.

Pertanyaan paling umum yang diajukan orang-orang yang ingin mengikuti kelas yoga ini adalah, “Apakah saya akan basah? Biasanya, Anda tidak akan basah, kecuali Anda jatuh,” tambahnya. Mau mencoba? ****

LEAVE A REPLY