Wouw, Pengguna Streaming Musik Spotify Tembus 100 Juta Orang

0
260

SWEDIA, test.test.bisniswisata.co.id: Persaingan industri streaming musik memang sangat ketat. Meski demikian, Spotify tetap menjadi pemimpin di streaming musik. Perusahaan asal swedia itu mengumumkan saat ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif di penjuru dunia.

Tentu saja, sebagian besar pengguna menggunakan layanan gratis, lengkap dengan komersial sesekali di sela lagu. Meski demikian Spotify mengklaim 30 juta dari penggunanya membayar untuk layanan premium. Dengan kecenderungan terus naik, Spotify dapat bernapas lega. Pasalnya saingan terdekatnya, Pandora, saat ini memiliki 80 juta pengguna. Demikian laporan yang dilansir Antara, Selasa (21/06/2016).

Namun, jika melihat pada skala yang lebih luas, banyak kekuatan lain yang harus diperhitungkan dalam layanan streaming musik. Amazon Music memiliki 46 juta pelanggan yang keseluruhannya merupakan pelannggan berbayar, karena raksasa online itu memberikan layanan tersebut sebagai bonus untuk pelanggan Prime.

Selain itu, ada pula Google Music dan Apple Music yang keduanya tumbuh dalam popularitas. Apple Music tumbuh lebih cepat dengan 15 juta pelanggan berbayar hanya setahun setelah peluncurannya, demikian GSM Arena. (*/ANO)

LEAVE A REPLY