Worldwide Hospitality Awards, Meliá Hotels International Jadi Pemenang

0
271
Hotel Melia Zanzibar

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Meliá Hotels International menerima penghargaan “Best Sustainable Development and Corporate Responsibility Project”, pada acara penghargaan bergengsi Worldwide Hospitality Awards untuk proyek “Improving Life in Kairo, Kiwenga”, yang dipromosikan hotel Meliá Zanzibar, Tanzania, di mana fokus tim hotel sepenuhnya meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat sekitar desa Kairo di Kiwenga.

Perekonomian Pulau Zanzibar biasanya bergantung pada pertanian, tetapi reformasi ekonomi dan pemberian insentif bagi investasi mendorong pariwisata dan perdagangan sebagai pendorong utama pembangunan ekonomi dan sosial. Saat ini masih banyak desa-desa yang hidup dalam kemiskinan dan tidak memiliki akses pada kebutuhan dasar yang penting seperti air minum dan listrik.

“Berkat kesadaran tim hotel Meliá Zanzibar atas kondisi ini, mereka melakukan sebuah proyek untuk meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat sekitar desa Kairo di Kiwenga,” demikian keterangan resmi yang diterima redaksi Bisniswisata.co.id di Jakarta, Kamis (24/12/2016).

Inti dari proyek ini adalah untuk membina dialog langsung dengan orang- orang yang berhubungan dengan hotel, melibatkan pemilik hotel, staf, manajemen, pemasok serta masyarakat setempat secara langsung untuk menciptakan dampak positif dalam membuat Kairo menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup, berbagi pengetahuan, pengalaman, sumber daya dan komitmen Meliá Hotels International untuk tanggung jawab sosial di tempat-tempat di mana perusahaan beroperasi.

Proyek yang dipimpin oleh tim serta pemilik hotel, ASB Tanzania Ltd, telah memenuhi kebutuhan dasar penduduk desa melalui penyediaan barang-barang konsumsi, pembangunan sumur untuk menyediakan air minum, dan renovasi 35 rumah dengan atap, toilet dan kamar mandi baru. Selain itu, masjid setempat yang merupakan pusat pertemuan bagi masyarakat juga telah dibangun kembali. Investasi langsung telah mencapai lebih dari 145.000 Euro.

Tim hotel juga mempromosikan penggunaan sayuran lokal pada gerai makanan di hotel, menggunakan rumah kaca sendiri untuk membantu penduduk desa mempelajari lebih banyak tentang pertanian dasar untuk meningkatkkan swasembada. Sebagian besar staf hotel yang berasal dari orang-orang lokal juga turut memajukan perekonomian desa antara lain melalui pembelian amenities dan aksesoris buatan lokal seperti gelang untuk paket all-inclusive.

Pengembangan dan nilai-nilai lokal juga didukung melalui program pendidikan dan olahraga, dengan tim hotel yang sangat aktif dalam mengatur kegiatan di sekolah setempat dan mendukung tim sepak bola desa dengan menyediakan material yang dibutuhkan. Komitmen ini juga meluas ke tamu-tamu hotel yang memiliki kesempatan untuk mengunjungi desa untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan desa dan berkontribusi pada keberlanjutan dari proyek ini dan dinamisasi perekonomian desa.

Proyek ini adalah bagian dari Global Corporate Social Responsibility Model dari Meliá Hotels International dan mencerminkan komitmen perusahaan untuk mengembangkan masyarakat lokal di mana perusahaan beroperasi, berbagi dengan masyarakat sekitar dengan memberikan kontribusi untuk menciptakan kekayaan dan nilai.

Proyek ini juga mengintegrasikan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, khususnya pemberantasan kemiskinan, perbaikan infrastruktur, keberlanjutan masyarakat lokal dan peningkatan akses terhadap kualitas air minum. Meliá Hotels International terus membuat kemajuan guna mencapai tujuannya untuk menjadi perusahaan yang dijadikan tolok ukur dalam pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.