Wisman Berkunjung ke Sulut Naik Dua Kali Lipat

0
45
Pualau Siladen Manado dicincar wisatawan asing dari China

MANADO, Bisniswisata.co.id: Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi naik cukup signifikan pada Oktober 2017 sebanyak 7.687 orang dibandingkan September hanya 6.306 orang atau naik 21,9 persen.

“Posisi ini meningkat dua kali lipat bila dibandingkan dengan kunjungan wisman bulan yang sama tahun sebelumnya atau y-o-y. Ini sangat menggembirakan. Dan keindahan, keramahtamaan, suasana pariwisata Sulut sudah mulai digemari di mancanegara. Juga promosi yang gencar membuahkan hasil yang sangat bagus,” ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Moh Edy Mahmud dalam keterangannya di Manado, Selasa (05/12/2017).

Wisman yang datang ke Sulut, lanjut dia, paling banyak berasal dari Tiongkok sebanyak 5.947 orang (77,36 persen), disusul wisatawan Jerman sekitar 281 orang (3,66 persen), kemudian pelancong Singapura hanya 202 orang (2,63 persen), Amerika 132 orang (1,72 persen).

Selain itu, turis Inggris 113 orang (1,47 persen), Perancis 103 orang (1,34 persen), Malaysia 101 orang (1,31 persen), Belanda 100 orang (1,30 persen), Hongkong 69 orang (0,90 persen), dan Australia 48 orang (0,62 persen).

Dia mengatakan peningkatan wisman yang cukup tinggi ini, karena sebagian besar berasal dari Tiongkok. Hal ini disebabkan penerbangan carter yang diinisiasi oleh pemerintah Sulut dengan Tiongkok. “Makin banyak wisman yang datang ke Sulut, maka devisa yang masuk untuk negara juga banyak,” jelasnya.

Diharapkan, maskapai nasional dapat menambah rute penerbangan menuju Bandara Manado sehingga kunjungan para pelancong semakin mudah untuk mendapatkan akses berwisata ke Sulut.

Tercatat hingga kini jumlah destinasi wisata di Sulut mencapai 31 obyek wisata terdiri wisata alam, wisata bahari, wisata kepulauan, wisata budaya, wisata buatan, wisata dalam air, wisata pantai, kuliner hingga wisata peninggalan sejarah. Dari jumlah itu ada beberapa obyek wisata yang ngehits, antara lain:

# Pulau Bunaken

Kurang rasanya jika di Manado namun tak mengunjungi Pulau Bunaken. Pulai ini memiliki luas 8,08 km2 dan berada di teluk Manado. Keindahan bawah laut Pulau Bunaken tak perlu diragukan. Banyak pengunjung turis asing, terpesona keindahan taman laut Bunaken. Butuh waktu sekitar 30 menit menggunakan speed boat menuju Pulau Bunaken dari Manado. Pulau ini terkenal keindahan taman lautnya. Taman laut yang dimiliki Pulau Bunaken memiliki kurang lebih 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang berdeba-beda sekitar 1.344 meter. Dari 20 titik penyelaman, terdapat 12 titik diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken.

# Gunung Api Mahangetang

Gunung api aktif di perairan dangkal ini, berada di perairan Mahangetang Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Sangihe. Jika ingin melihat gunung ini, harus menyelam. Masyarakat sering kali menyebut tempat ini dengan sebutan “Banua Wuhu”. Terbilang masih aktif, gas yang keluar dari perut Gunung Mahangetang ini berwujud gelembung udara yang bisa ditemui di beberapa titik. Jika menyelam di kedalaman, dapat merasakan hangatnya suhu air laut. Berenang dengan kedalaman sekitar 10 hingga 20 meter di bawah permukaan laut, dapat terkesima dengan eksotisme laut yang sangat menakjubkan.

# Danau Tondano
Danau ini hasil letusan gunung purba. Seperti halnya Danau Toba di Sumatera Utara. Danau Tondano memiliki pulau yang tepat berada di tengah, dan berada di dataran tinggi sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Danau ini diapit Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang. Luas dari danau ini sekitar kurang lebih 4.000 hektar. Jika berkunjung ke Danau Tondano, akan melihat aktifitas nelayan yang sangat berbeda.

# Pulau Siladen

Pulau terletak sebelah timur laut dengan pulau Bunaken ini memiliki luas area kurang lebih 31,25 hektar. Pulai ini dikelilingi pantai pasir putih dan terumbu karang dengan biota laut yang beraneka ragam baik bentuk maupun warna. Di pulau ini, banyak sekali berdiri resort-resort mewah. Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainnya. Pasir putih lebih menonjol keindahan, sehingga Pulau Siladen sangat petensial untuk dijadikan sebagai pusat tempat olah raga pantai. Beberapa macam aktiftas, seperti berkeliling dengan perahu berkaca (katamaran), snorkeling, diving, dan photografi underwater, dan berjemur di pinggir pantai.

# Bukit Kasih Kanonang

Bukit ini dipercaya lambang kerukunan antar umat beragama. Bukit berada di Kecamatan Kawangkan Minahasa, butuh waktu sekitar 90 menit, jika dari Manado. Bukit Kasih Kanonang dibagun tahun 2002, sebagai pusat keagamaan. Sehingga semua pemeluk agama dapat berkumpul dan beribadah di tempat ini. Di tempat ini terdapat semua tempat ibadah umat beragama. Tidak perlu khawatir, jika Anda berasal dari luar kota ataupun luar pulau. Anda dapat menginap di dekat Bukit Kasih Kanonang ini, sudah banyak hotel bungalow serta penginapan. Jika Anda berencanan mengunjungi tempat ini, kami sarankan Anda menggunakan sepau yang nyaman karena tangga di Bukit ini sangat curam.

# Danau Linow
Danau ini sangat cantik, dengan keindahan 3 warna. Aroma menyengat belerang masih cukup kuat di sekitar danau. Menurut masyarakat sekitar, konon belerang ini merupakan sisa letusan Gunung Mahawu terjadi ratusan tahun lalu. Linow berarti tempat berkumpulnya air. Kata ini diambil dari bahasa Minahasa yakni lilinowan. Di danau ini dapat melihat air yang sewaktu-waktu dapat berubah warna menjadi warna hijau, biru, maupun kuning kecoklatan. Perubahan ini karena adanya unsur belerang yang tertimbun di dalam permukaan danau yang diakibatkan adanya pantulan cahaya matahari. Hal inilah yang menyebabkan warn air di Danau Linow dapat berubah sewaktu-waktu. Jika berada di Manado, memerlukan waktu sekitar 50 menit. Hanya sedikit orang yang mengetahui tempat ini, padahal Danau Linow ini memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata. Danau ini memiliki magnet tersendiri untuk pengunjungnya.

# Pulau Lihaga

Pulau ini terkenal sebagau surga wisata bahari. Pulau seluas lebih 8 hektar sebagai pulau kecil yang tidak berpenghuni. Di pulau ini bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling. Jika ingin bermalam di Pulau Lihaga, gratis tanpa dipungut biaya apapun. Namun perlu membawa perlengkapan sendiri seperti tenda, karena ditempat ini tidak ada yang akan menyediakan tenda untuk dijual maupun disewakan kepada pengunjung. Selain itu jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum berkunjung ke pulau ini. Karena di Pulau Lihaga tidak tersedia warung. Pulau Lihaga memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan, karena itulah pulau ini sering dijadikan lokasi favorit fotografer.

# Bukit Doa Tomohon
Keindahan Bukit Doa Tomohon ini, dapat memanjakan mata. Hamparan pemandangan yang hijau seolah-olah mampu memanjakan mata wisatawan yang berkunjung. Karena keindahannya Bukit Doa Tomohon sering kali dijadikan background foto prewedding. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Manado. Bisa mengunjungi tempat wisata ini bersama dengan keluarga anda atau dengan teman – teman anda. Terutama jika anda memiliki hari – hari libur maka tempat wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi.

# Pantai Lakban

Pantai di Kecamatan Ratatotok tepatnya di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, memerlukan waktu cukup lama kira-kira sekitar 3 jam dari kota Manado. Namun tak perlu khawatir, semua perjalanan yang melelahkan akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Lakban. Pantai Lakban ini, telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang antara lain area bermain anak, lapangan sepak bola pantai, dan lapangan volley ball.

# Taman Laut Tumbak

Jika menyukai alam laut, tempat ini sangat tepat. Taman Laut Tambak langsung bersentuhan dengan air yang bisa langsung menikmati wisatanya dengan cara menyelam, anda bisa merasakan kesejukan yang berada di taman laut tumbak ini. Selain itu bisa menikmati beberapa permainan yaitu ada kurang lebih 20 spot yang bisa menyelam sehingga bisa membuat semakin penasaran ingin mencoba dan menikmatinya. Spot ini bisa menyelam dengan suasana yang sangat oke dan langsung bisa anda rasakan. Tempat wisata taman laut tumbak ini terletak di kabupaten Minahasa Utara dan sangat cocok jika anda memiliki hobi yang masih tertunda, di sini anda bisa langsung memuaskan hobi anda.

# Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional termasuk kawasan konseravi yang menjadi habitat dari beberapa satwa khas. Jarak menuju lokasi ini sekitar 60 km dari Manado atau sekitar 20 km dari kota Bitung. Jika berniat mengunjungi tempat ini. Pertama, baiknya Anda menyiapkan bekal makan dan minuman. Kedua, ada baiknya Anda tidak menggunakan celana jeans mengingat Anda akan berjalan mengelilingi kawasan hutan. Gunakan pakaian yang dapat membuat Anda nyaman. Bagi Anda yang ingin lama-lama untuk menikmati keindahan alam di Taman Nasional Tangkoko ini, terdapat beberapa penginapan dengan harga cukup bervariatif. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY