Wisatawan Saksikan Skylodge Hotel Naik 100 Persen

0
35
Hotel gantung Purwakarta (Foto: Jawapos)

PURWAKARTA. Bisniswisata.co.id: Meski tidak menginap di hotel menggantung atau skylodge yang ada area panjat tebing Gunung Parang, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta Jawa Barat, namun tingkat kunjungan wisatawan meningkat tajam selama libura akhir tahun. Peningkatannya mencapai 100 persen dari hari biasa. Banyaknya wisatawan ke wilayah ini, hanya penasaran ingin melihat hotel menggantung yang fenomenal.

Inisiator Badega Gunung Parang Padjajaran Anyar, Dhanni Daelami, mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 500 orang per hari. Kondisi ini, terjadi sejak libur sekolah dan libur natal. Mayoritas, tujuan mereka yaitu ingin melihat hotel menggantung, memanjat tebing, serta berkemah (camping).

“Kalau untuk menginap di hotel menggantung, memang harus mendaftar jauh-jauh hari. Sebab, yang baru dioperasikannya baru satu hotel,” uja Dhanni, seperti dilansir laman Republika.co.id, Selasa (26/12/2017).

Menurut Dhanni, pihaknya sangat mengapresiasi dengan peningkatan kunjungan ini. Apalagi, sejak pemberitaan hotel menggantung gencar, banyak pengunjung yang penasaran. Akan tetapi, karena keterbatasan sarananya, maka wisatawan banyak yang mengalihkan tujuan dengan memanjat tebing atau naik gunung. “Saat ini, area Gunung Parang suda dikenal masyarakat luas. Kami sangat mengapresiasi,” ujarnya.

Berbeda dengan Gunung Parang yang banyak dikunjungi wisatawan selama libur sekolah, air mancur Taman Sri Baduga Situ Buleud justru beroperasi seperti biasa. Tidak ada pengoperasian air mancur selama libur sekolah ini.

Kabid Pariwisatawa Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, mengatakan, air mancur tetap beroperasi secara reguler. Yaitu, setiap Sabtu malam. “Air mancur hanya beroperasi setiap malam Ahad. Hari libur sekolah tidak ada pementasan,” ujarnya.

Alasannya, air mancur ini sasarannya segala usia. Jadi, pementasannya dipilih saat semua kalangan libur akhir pekan. Meski demikian, lanjut Heri, pada musim liburan ini pengunjung air mancur meningkat. Biasanya mencapai 3.000 orang dalam sekali tayang, saat ini mencapai 4.000 orang. (REP)

LEAVE A REPLY