Wisatawan Kapal Pesiar Perancis Jelajahi Danau Toba

0
35
Danau Toba ditawarkan investor (Foto: Bintang.com)

MEDAN, Bisniswisata.co.id: Kapal pesiar berbendera Prancis, MV L Austral berlabuh di Pelabuhan Belawan, Selasa (14 /11/2017). Kapal tersebut mengangkut 212 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara. Para turis asing melakukan kunjungan destinasi wisata Bukit Lawang dan Danau Toba.

ACS Humas Pelindo I Fiona Sari Utami mengungkapkan kapal pesiar MV L Austral merupakan kapal pesiar kedua yang bersandar di Pelabuhan Belawan pada tahun ini setelah sebelumnya pada 15 Maret 2017. Pelabuhan Belawan menerima kunjungan Kapal Pesiar MV Silver Discovery.

“Dalam menerima penumpang, baik lokal maupun mancanegara, perseroan sudah menyediakan fasilitas terminal penumpang yang nyaman karena hal tersebut merupakan bagian wujud dari komitmen dalam melayani pengguna jasa pelabuhan dan juga sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mendukung cruise berkembang di Indonesia,” kata Fiona dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11/2017).

Dilanjutkan, potensi kunjungan wisatawan kapal pesiar ke Sumut, melalui Pelabuhan Belawan masih cukup tinggi. Untuk itu, Pelindo I terus melakukan pengembangan pelabuhan berbasis wisata, khususnya pada pelabuhan Belawan karena Pelabuhan Belawan merupakan pintu masuk bagi wisatawan mancanegara yang akan berlibur ke Sumatera Utara dengan menggunakan kapal pesiar.

“Artinya, para wisman akan memulai perjalanannya dari Belawan, kemudian ke sejumlah tujuan lainnya di Sumatera Utara yang kaya akan potensi pariwisata,” jelas dia. Selanjutnya, kapal tersebut berangkat meninggalkan Pelabuhan Belawan pada pukul 18.30 WIB menuju Pelabuhan Malahayati.

Objek wisata alam Bukit Lawang yang dikunjungi turis kapal pesiar ini, terletak di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat – Sumatera Utara, lebih tepatnya di bagian Hulu Kab.Langkat. Bukit Lawang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser serta menjadi tempat konservasi alam dan penangkaran Orangutan.

Bukit Lawang dikenal sampai mancanegara, banyak wisatawan asing yang datang ke tempat wisata ini. Selain orangutan yang merupakan primata asli indonesia sebagai daya tarik wisatawan baik domestik dan mancanegara, hutan – hutan yang asri dan tempat pemandian alami juga menjadi magnet untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Obyek wisata Danau Toba adalah sebuah danau alam besar tekto-vulkanik yang menempati kaldera dari sebuah supervulkan. Danau ini memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 505 meter (1.666 kaki), sehingga Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama. (*/BBS)

LEAVE A REPLY