Wisatawan Daratan Bentrok dengan Warga Hong Kong

0
725


HONG KONG, BISNISWISATA.CO.ID:
Sekitar 40 orang ditangkap, termasuk bocah belasan tahun karena terlibat adu fisik dengan sejumlah turis asal Tiongkok daratan.

Associated Press mengabarkan Senin (2/3/2015), bentrokan itu terjadi di Distrik Yuen Long, dekat perbatasan Tiongkok, akhir pekan lalu. Para pendatang itu memborong sejumlah barang yang dilarang dijual di Tiongkok, di antaranya susu formula bayi, makanan bayi paling laku, yang dijual di kompleks toko obat. Maklum, pemerintah Beijing melarang penjualan bayi formula, setelah 9 bayi tewas keracunan.

“Kami kesal ulah turis daratan yang menjadi penyelundup barang-barang terlarang,” kata Kelvin Lee, salah seorang pengunjuk rasa. “Mereka menimbulkan keonaran, dan memborong barang seperti kosmetik, obat-obatan dan telepon genggam karena pajaknya lebih rendah,” kata Kelvin, sambil menunjuk turis daratan yang datang dalam jumlah banyak dengan menggendong tas belanjaan berukuran besar.

“Kami tidak mendapatkan keuntungan apa-apa,” sambung Kelvin. Tak cuma itu. Para pemborong daratan itu sering memacetkan lalu lintas dengan tas-tas mereka. “Meninggalkan sampah dan kotak-kotak karton ditinggal begitu saja di tengah jalan,” kata pemrotes lain.

Tahun lalu, 47,3 juta pendatang daratan membanjiri Hong Kong. Kedatangan mereka konon diminta oleh Kepala Eksekutif Hong Kong Leung Chun-ying, agar lama kelamaan Hong Kong diduduki warga daratan. Pemerintah Hong Kong akhirnya berupaya membatasi kedatangan dan melarang 25 ribu warga daratan masuk Hong Kong. Dua tahun lalu, hampir 2000 warga daratan ditangkap karena terlibat bentrokan dengan warga Hong Kong. ***

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.