Wisatawan Australia Tak Mau Lagi Berwisata ke Bali

0
2748

SYDNEY, test.test.bisniswisata.co.id: Wisatawan Australia kini sudah tidak mau lagi berwisata ke Bali. Meski jarak tempuhnya sangat dekat, aksesbelitas mudah dicapai, harga paket wisatanya murah dan memiliki beragam daya tarik wisata, namun kondisi itu tidak mempengaruhi warga negeri Kangguru untuk datang lagi ke Pulau Dewata. Mereka sudah meninggalkan Bali.

Ada beberapa faktor penyebab utamanya, yaitu eksekusi mati dua warga Australia yang menyelundupkan narkotika ke Bali atau dikenal dengan Bali Nine. Juga berkembangnya destinasi wisata baru di Australia Barat serta meningkatnya daya tarik tujuan wisata di negara tropis lainnya seperti Hawaii, Thailand, Charms sebagai alternatif baru yang lebih layak dikunjungi.

“Saat ini minat wisatawan Australia untuk berlibur mulai berubah total, populeritas Bali mulai tergerus dan pelan-pelan semakin dilupakan. Kini destinasi wisata baru yang dianggap menarik adalah Charns, dan Hawaii,” papar laporan yang dilansir Sydney
Morning Herald, kemarin.

Bahkan, lanjut laporan itu, warga Australia sangat tersinggung dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang memberikan bebas visa bagi 30 negara, tidak termasuk Australia. Sementara negara Selandia Baru, Kanada, China, Amerika Serikat (AS) kini bebas masuk tanpa visa ke Indonesia.

“Sementara orang Australia yang datang ke Indonesia harus membayar 35 dollar AS atau sekitar Rp 465.000 untuk visa selama 30 hari,” ungkapnya.

Manager Flight Center Travel Group Haydn Long mengatakan turunnya minat warga Australia berwisata ke Bali, bukan hanya terkait eksekusi mati warga Australia, namun banyak faktor penyebabnya termasuk pertumbuhan ekonomi yang lesu.

Data di Dinas Pariwisata Bali melaporkan terjadi penurunan sekitar 4 persen pada Mei 2015, dari kunjungan wisatawan asal Australia. Bahkan penurunan yang sangat tajam dirasakan dari perhotelan di Bali yang merasakan penurunan hingga 62 persen pada April 2015 dibandingkan bulan yang sama tahun 2014. Hal ini mengidikasikan berkurangnya minat turis Australia yang berkunjung ke Bali. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.