Wisata Selancar Berkembang di Biak

0
402

BIAK, bisniswisata.co.id: Beberapa daerah di Indonesia tengah mengembangkan diri sebagai destinasi wisata surfing alias selancar. Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, adalah salah satunya. Spot yang menjadi tempat wisata selancar adalah perairan Tanjung Saruri yang terletak di bibir lautan Pasifik. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor, Yubelius Usior.

Ia mengatakan, Tanjung Saruri diharapkan menjadi destinasi wisata bahari unggulan Biak karena telah dibangun fasilitas pariwisata. “Dengan dukungan dana APBD Dinas Pariwisata membangun fasilitas penginapan dan taman bermain bagi pengunjung di area Tanung Saruri untuk menikmati keindahan alam laut setempat,” ungkap Yubelius, Selasa (7/2/2017).

Tanjung Saruri dinilai layak sebagai spot selancar karena ombaknya yang tinggi. Saat ini, spot tersebut masih dikelola masyarakat setempat. Untuk program ke depan, lanjut Yubelius, pengelolaan fasilitas objek wisata di Kabupaten Biak Numfor akan dilakukan secara profesional sehingga mendatangkan pendapatan retribusi untuk kabupaten.

“Di tahun 2017 Dinas Pariwisata akan membenahi fasilitas pariwisata di Biak Numfor dengan dukungan dana Kementerian Pariwisata hingga Rp 1 miliar lebih,” ujar Yubelius seperti dilansir laman Antaranews.com,

Sarana yang akan dibangun, menurut Yubelius, adalah pusat informasi pariwisata, jalan di lokasi wisata Telaga Biru Samares distrik Biak Timur, juga jamban di kampung Sanumi dan Distrik Bondifuar.

Selain wisata selancar, Obyek wisata di Biak yang masih menjadi primadona menarik wisatawan luar negeri dan nusantara, di antaranya wisata Goa Jepang kampung wisata Binsari distrik Samofa, wisata sejarah Monumen Perang Dunia II di Anggraidi/Paray distrik Biak Kota, eks lapangan terbang sekutu Pulau Owi.

Sedangkan obyek wisata lain yang juga menjadi daya tarik wisatawan yakni keindahan alam taman laut Padaido serta keindahan pantai Wari distrik Biak Utara dan Segara Indah distrik Biak Timur. (*/ANO)

LEAVE A REPLY