Wisata Pantai Sakura di Pulau Untung Jawa Dikembangkan

0
1289

KEPULAUAN SERIBU, bisniswisata.co.id: Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu kini memiliki lokasi wisata baru, yakni Pantai Sakura. Pantai ini merupakan hasil dari pemasangan tanggul pemecah ombak atau breakwater di zona timur pulau tersebut.

“Itu kita namakan Pantai Sakura, hasil pengembangan masyarakat sendiri. Sekarang sudah bisa dijadikan wisata pantai,” ujar Budi Utomo, Bupati Kepulauan Seribu, usai monitoring wilayah, Selasa (17/1).

Menurutnya, penataan dan penanaman pohon di Pantai Sakura dilakukan warga agar pantai tersebut nantinya ada tempat berteduh bagi wisatawan. “Makanya kita minta untuk perencanaan dan penataan wilayah jangan pernah meninggalkan masyarakat, ajak mereka terlibat langsung,” tandasnya.

Pantai Sakura rencananya akan diintegrasikan dengan kawasan mangrove di zona utara Pulau Untung Jawa. Saat ini zona utara telah digunakan untuk camping ground.

Memang hingga kini pengembangan destinasi wisata di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu terus ditingkatkan. Ada 11 destinasi yang saat ini bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Untung Jawa, termasuk wisata pantai Sakura. “Tempat-tempat wisata kami gratis, tidak dipungut biaya,” ujar Badri, Lurah Pulau Untung Jawa.

Destinasi wisata pulau sejarah yaitu berada di Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Cipir. Sementara untuk menikmati keindahan pantai, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Arsa, Pantai Sakura, Pantai Amiterdam dan Pantai Sentigi. Selain itu ada Tugu Arsa, Bumi Perkemahan, Laguna Mangrove dan Taman Laut. “Selain keindahan alam tersebut, berbagai kuliner juga ada di sini. Seperti ikan bakar, rajungan, kepiting dan juga kelapa muda,” ucapnya.

Untuk informasi, transportasi laut yang dapat dijangkau menuju ke Pulau Untung Jawa, dapat melalui Pelabuhan Kali Adem dengan menggunakan kapal KM Krapu milik Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, dan kapal tradisional dari Dermaga Tanjung Pasir Tangerang. (*/BJO)

LEAVE A REPLY