Wisata di Hari Kemerdekaan, Momen Bernostalgia Sejarah

0
144
Candi Bajang Ratu di Mojokerto Jawa Timur

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Saban tahun, Indonesia merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus. Hari kemerdekaan ini sering diperingati sebagai momen nostalgia sejarah, momen untuk berwisata, momen bagi wisatawan yang gemar dengan wisata sejarah. Dan kota-kota di Indonesia, memiliki nostalgia sejarah sendiri yang asyik untuk dikunjungi.

Tercatat ada 7 tempat historis di Indonesia yang bisa dikunjungi untuk bernostagia sejarah, belajar sejarah, sekaligus liburan di tempat masa lalu untuk selalu dikenang, dihayati dan dipetik lembaran masa yang penuh kenangan tersendirt.

Skyscanner, melaporkan Kamis (17/08/2017) ada 7 kota destinasi wisata, antara lain

01. Yogyakarta

Yogyakarta bukan cuma tempat Cinta dan Rangga bertemu lagi. Lebih dari itu, Yogyakarta merupakan salah satu pusat sejarah penting Indonesia. Mari mulai perjalanan di Yogyakarta dengan berkunjung ke Pantai Parangkusumo yang dulu merupakan tempat semedi Panembahan Senopati sebelum merajai Mataram. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan berkunjung ke salah satu museum tercantik di Indonesia —Museum Ullen Sentalu— yang memiliki koleksi mengagumkan mengenai budaya Jawa peninggalan kerajaan Mataram. Jika berkunjung ke Yogyakarta, pastikan Anda mengunjungi Kotagede, kawasan kota tua yang menjadi tempat lahirnya Mataram Islam sekaligus pusat usaha kerajinan perak.

02. Jakarta

Jika bosan menghabiskan akhir pekan di Jakarta dengan berkunjung ke kedai kopi atau mall, saatnya mengalihkan perhatian ke tiga gedung pertunjukan yang tidak hanya cantik, tapi juga menyimpan kisah bersejarah. Pertama, datanglah ke Gedung Kesenian Jakarta yang dibangun pada tahun 1821 berdasarkan gagasan Herman Willem Daendels selaku Gubernur Jenderal Hindia-Belanda dan bergaya arsitektur neo-renaissance. Kedua, datanglah ke Taman Ismail Marzuki (TIM) yang dibuka tahun sejak tahun 1968 dan pembangunannya digagas oleh Ali Sadikin sebagai wadah para seniman dari berbagai disiplin seni untuk berekspresi dan berkarya. Sedikit fakta menarik, sebelum beralih fungsi menjadi pusat kesenian dan kebudayaan, area TIM berfungsi sebagai kebun binatang bernama Taman Raden Saleh. Ketiga, datanglah ke Pusat Perfilman H Usmar Ismail yang tidak hanya memiliki ruang pertunjukan, tapi juga menjadi rumah bagi Sinematek Indonesia yang merupakan pusat data, dokumentasi, dan informasi sejarah perfilman Indonesia dari masa ke masa.

03. Mojokerto

Jika berkunjung ke Mojokerto, pastikan Anda mengunjungi Candi Bajang Ratu, sebuah candi eksotis di kecamatan Trowulan yang dibangun dari susunan batu bata merah sebagai penghormatan terhadap Jayanegara. Masih di satu area yang sama dengan Candi Bajang Ratu terdapat Candi Tikus yang menyerupai pemandian dan bangunannya baru ditemukan kembali di tahun 1914 setelah sebelumnya terkubur di dalam tanah. Lanjutkan perjalanan dengan mampir ke Kolam Segaran yang pada masa Majapahit difungsikan sebagai kolam penampungan air bersih, sekaligus tempat mandi dan kolam latihan renang bagi para prajurit.

04. Toraja

Mari terbang ke Sulawesi, tepatnya ke Toraja yang dipenuhi ragam kekayaan budaya dan sedang dipersiapkan untuk menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional terbaru. Selagi berada di Tana Toraja, Anda wajib mengikuti ritual Ma’nene (membersihkan/menggantikan baju mayat leluhur) dan upacara Rambu Solo (prosesi pemakaman adat untuk menghantarkan arwah). Selain itu, pastikan Anda juga mengunjungi Kete Kesu (desa wisata yang dipenuhi kompleks rumah adat Toraja), Londa (kompleks makam yang berlokasi di tebing batu), Batutumonga (di sini Anda bisa melihat Toraja dari atas awan), Bo’ri Parinding (kompleks makam dilengkapi batu-batu menhir sekaligus lokasi pohon Tarra yang difungsikan sebagai makam untuk para bayi), Ranteallo (temukan kerbau belang seharga nyaris 1 miliar di sini), dan Pallawa (rumah leluhur tempat menyimpan jenazah warga Toraja sebelum dikuburkan).

05. Samosir

Waktunya terbang ke provinsi Sumatera Utara, menyambangi Samosir, dan berkunjung ke Desa Ambarita yang dikenal sebagai pusat peninggalan sejarah dari masa kepemimpinan Raja Sidabutar, manusia pertama yang menginjakkan kaki di pulau ini. Selain dapat melihat makam raja yang berusia lebih dari dari 450 tahun, Anda bisa menyaksikan rumah adat Batak yang masih terpelihara dengan baik serta peninggalan sejarah berupa kursi raja dan kursi persidangan yang terbuat dari batu. Teruskan wisata di Samosir dengan berkunjung ke Sopo Guru Tatea Bulan untuk melihat patung-patung keturunan raja Batak, bersantai di Pantai Pasir Putih Parbaba, dan mengintip air tujuh rasa di Aek Sipitudai. Sempurnakan perjalanan Anda di Samosir dengan bersenang-senang di Danau Toba yang legendaris.

06. Ternate

Pergi ke Indonesia Timur memberi Anda dua kelebihan. Pertama, alam yang luar biasa cantik. Kedua, cerita bersejarah yang komplit. Jika berkunjung ke Ternate, otomatis Anda akan mendapatkan keduanya. Ternate yang dikenal sebagai pusat rempah-rempah memiliki hutan cengkih di Desa Marikubu sekaligus tempat di mana Afo, pohon cengkih pertama dan tertua di dunia tumbuh. Selagi berada di Ternate, pastikan Anda mengunjungi Benteng Tolokko dan Benteng Kalamata yang megah, melihat cantiknya Gunung Api Gamalama yang sering disebut sebagai Puncak Ternate, menyegarkan diri di Air Terjun Cibi Cebi yang sejuk, singgah di Pulau Halmahera untuk menikmati wisata laut dan melihat desa tradisional, dan menyepi di Pulau Morotai. Jika ingin mengulik peninggalan kesultanan, Anda dapat berkunjung ke Museum Kedaton Sultan Ternate untuk melihat peninggalan benda geologi, arkeologi, etnografi, sejarah, numismatik, heraldik, filologi, teknologi, seni rupa, hingga keramik.

07. Singkawang

Singkawang dikenal sebagai kota seribu kelenteng yang hampir setengah penghuninya berdarah Tionghoa. Jika berencana berwisata ke Singkawang, datanglah saat perayaan Cap Go Meh yang berlangsung sangat meriah. Pertunjukan Tatung yang menyimbolkan pengusiran roh-roh jahat dan prosesi membuang kesialan menjadi atraksi magis yang sangat dinantikan setiap perayaan Cah Go Meh berlangsung. Anda pun dapat melihat kemeriahan lain di acara Gawai Dayak Naik Dango yang menjadi ucapan syukur masyarakat Dayak atas hasil panen yang telah diterima. Sewaktu berada di Singkawang, sediakan waktu untuk mengunjungi Pantai Pasir Panjang yang ikonik, Danau Biru yang cantik, serta Sinka Island Park yang memungkinkan Anda mengunjungi Pulau Simping, Sinka Zoo, dan Pantai Banjau secara bersamaan. (*/SKY)

LEAVE A REPLY