Wisata Bahari Pesisir Selatan Sumbar Ditawarkan Wisatawan

0
1141

PAINAN SUMBAR, test.test.bisniswisata.co.id: SEDIKITNYA 25 pulau kecil di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) berpotensi dikembangkan sebagai tempat wisata bahari dan wisata selam permukaan (snorkeling).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Gunawan mengatakan, ke 25 pulau kecil tersebut hingga kini masih belum tergarap secara maksimal.

“Pulau-pulau kecil tersebut selain indah, masih alami serta memiliki kekayaan hewan laut seperti penyu, terumbu karang dan berbagai biota laut lainnya,” katanya di Painan, Selasa (23/6).

Saat ini beberapa pulau kecil di daerah itu sudah mulai digarap oleh pihak swasta menjadi objek wisata yang dikenal luas banyak orang, baik dalam maupun luar negeri. Pulau tersebut seperti Cubadak, Pulau Pagang, Penyu, Kerabak Gadang dan KerabakKecil.

Pulau Cubadak dengan luas sembilan hektare di Kecamatan Koto XI Tarusan itu saat ini dikelola oleh investor asing yakni dari Italia. Sedangkan Pulau Pagang dengan luas 12 hektare, Pulau Penyu, serta beberapa pulau lainnya dikelola oleh investor dalam negeri.

Di antara pulau itu yakni Cubadak dan Pagang terletak di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh. Saat ini kawasan wisata Mandeh tengah disiapkan sebagai kawasan wisata berskala internasional.

Masih disekitar Kawasan Wisata Bahari Mandeh terdapat beberapa pulau kecil lainnya yakni Pulau Setan, Pulau Marak, Pulau Karao, Pulau Babi dan beberapa pulau lainnya. Pulau-pulau itu hingga kini masih alami atau belum dikelola secara maksimal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pesisir Selatan, Yosky Wandri mengatakan, ada sebanyak 54 pulau kecil di perairan laut daerah itu. Pulau-pulau itu semuanya dibawah pengawasan ketat pemerintah kabupaten setempat melalui pihak terkait, tujuannya agar tidak terjadi pemindahan hak atau penyewaan pulau tanpa sepengetahuan pemerintah daerah oleh pihak lain.

Untuk mengelola pulau-pulau tersebut, kata dia seperti dikutip laman Antara, pemkab setempat membuka peluang sebesar besarnya kepada investor menanamkan modalnya di bidang kepariwisataan.

“Siapa saja boleh memanfaatkan pulau-pulau yang ada di kabupaten ini untuk pengembangan usaha pariwisata, asalkan sesuai dengan aturan yang ada dan tidak merugikan masyarakat serta pemkab setempat. Kita akan berikan kemudahan-kemudahan untuk mereka yang akan menanamkan modalnya,” katanya. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.