Wisata Air Sungai Kapuas Ditawarkan Wisatawan

0
1434
Sungai Kapuas Kalbar (foto:

PONTIANAK, test.test.bisniswisata.co.id: Sungai Kapuas yang memiliki daya tarik wisata air, kini semakin gencar ditawarkan ke wisatawan lokal, nasional dan internasional. Mengingat, potensi wisata air Sungai Kapuas sangat luar biasa, apalagi dikelola secara bagus, dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Pontianak, Kalbar untuk memanfaatkan potensi Sungai Kapuas dan Sungai Landak menjadi tempat wisata air. Berbagai acara bertema wisata air, perlu digencarkan sehingga Sungai Kapuas menjadi daya tarik wisatawan,” harap Gubernur Kalimantan Barat Cornelis di Pontianak, Minggu (7/6),

Sungai Kapuas yang membelah Pontianak dan Sungai Landak, lanjut dia, harus dikelola menjadi pusat wisata air. Juga harus ditangani secara profesional. Juga penanganannya harus berbeda dibandingkan obyek wisata air yang sudah berkembang di daerah lain.

Dan yang tak kalah pentingnya, sambung gubernur, harus bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan selama tinggal di Pontianak. “Ini sangat penting, mengingat jika kondisi Pontianak tidak aman dan tidak nyaman maka wisatawan enggan datang ke Pontianak,” lontarnya.

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang dan menjadi salah satu daya tarik wisata air. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk manjaga, merawat dan melestarikan sungai. Selain untuk wisatawan domestik, dunia internasional bisa ditawarkan keindahan Sungai Kapuas dan Pontianak.

Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Andrinof Chaniago menyatakan dukungannya rencana Pemerintah Kota Pontianak dan Pemprov Kalimantan Barat yang akan membangun kawasan Sungai Kapuas Pontianak menjadi salah satu obyek wisata air.

Dia menjelaskan kalau di negara lain dengan potensi sungai seperti Sungai Kapuas, bisa termanfaatkan jauh berkali-kali lipat manfaatnya dalam meningkatkan ekonomi dan pariwisata kota itu.

“Di negara lain, sungai besar seperti Sungai Kapuas Pontianak merupakan aset untuk menggerakkan ekonomi dan pariwisata, selain sebagai transportasi yang kini sudah termanfaatkan,” ungkapnya seperti dilansir laman SP.com.

Jika pemanfaatan Sungai Kapuas Pontianak sebagai kawasan ekonomi dan pariwisata, banyak menyerap lapangan kerja, meningkatkan perekonomian warga dan menggugah investor untuk berinvestasi di Pontianak, sambungnya. @@

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.