Waspadai MERS, Bandara Hang Nadim Pasang Thermo Scanner

0
434
Penumpang jalani ceh subuh tubuh (foto: tribunnews.com)

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: Mewabahnya virus MERS di Korea Selatan membuat beberapa bandara Internasional maupun di Indonesia mulai memperketat pengawasan masuknya penumpang.

Hal yang sama juga diberlakukan di Bandara Hang Nadim Batam yang merupakan satu pintu masuk utama bagi warga negara asing (WNA). Untuk itu, Bandara Hang Nadim telah mengantisipasi dengan memasang alat yang biasa disebut Thermo Scanner.

“Kita sudah stanby-kan alat pendeteksi di pintu kedatangan dari luar negeri,” ujar Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Senin (15/06/2015).

Berdasarkan laporan karantina, penyebaran virus tersebut berasal dari masuknya WNA yang datang. Dan hingga saat ini pihak kesehatan Bandara Hang Nadim belum menemukan adanya penumpang yang terjangkit virus MERS. “Hingga saat ini masih aman. Kita belum ada menemukan,” terang Suwarso,”

Thermo scanner merekam suhu tubuh para penumpang yang melewatinya. Bagi orang yang diduga terjangkit virus Mers suhu tubuhnya mencapai 38 hingga 40 derajat celcius. Jika ada penumpang yang kedapatan terjangkit virus tersebut, petugas kesehatan bandara akan langsung mengisolasinya.

Virus MERS telah menewaskan beberapa orang dan menyebabkan ribuan orang lainnya membatalkan perjalanan mereka. Saat ini pemerintah Korea Selatan tengah berjuang meredakan kepanikan yang disebabkan virus MERS.

Kementerian Kesehatan Korsel mengatakan hingga hari ini terdapat 145 kasus MERS di mana 15 orang meninggal. Sebagian besar korban adalah manula. ***

LEAVE A REPLY