Waspada, Ubur-ubur Muncul di Pantai Gunung Kidul

0
50
Pantai Timang Gunung Kidul (Foto: shopback.com)

GUNUNG KIDUL, bisniswisata.co.id: Berminat menghabiskan libur Lebaran ke salah satu pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Kalau iya, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul meminta wisatawan agar hati-hati, meningkatkan kewaspaan dengan munculnya ubur-ubur yang kini mulai merebak.

Dinas Pariwisata Gunung Kidul memprediksi wisatawan yang berlibur pada libur Lebaran 2018, bakal melonjak. Di sisi lain Benua Australia sudah mulai musim dingin sehingga akan banyak ubur-ubur yang masuk ke Indonesia, termasuk pantai selatan di Gunung Kidul.

“Untuk itu, kami mengimbau wisatawan agar lebih berhati-hati. Jangan asal memegang hewan yang ada di laut,” imbau Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Senin (04/06/2018)

Meski demikian, lanjut dia, wisatawan agar tidak takut berkunjung ke pantai selatan. Wisatawan namun harus mematuhi larangan dan imbauan petugas di lapangan. “Kami minta wisatawan menaati peraturan dan berhati-hati. Jika ada hewan asing jangan menyentuhnya,” katanya.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul Surisdiyanto mengatakan saat ini di sejumlah pantai sudah mulai muncul ubur-ubur, meski belum banyak. Di sepajang pantai di Gunung Kidul berpotensi ada ubur-ubur, hanya satu pantai yakni Pantai Baron yang tidak ada ubur-uburnya karena ada air tawar di sekitar pantai.

Dia mengatakan untuk mengantisipasi wisatawan tersengat, pihaknya bersama masyarakat menyapu pantai. Lalu, mengubur hewan ini agar tak tersentuh wisatawan. “Warna ubur-ubur itu biru dan menarik, biasanya wisatawan akan menyentuh terutama anak-anak. Kalau tersengat dan tidak kuat, bisa pingsan,” ujarnya seperti dikutip laman Antara.

Tim SAR menyiapkan amoniak dan air hangat untuk membasuh luka bila ada wisatawan yang tersengat ubur-ubur. Harapannya bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. “Kami berharap wisatawan bisa mematuhi imbauan kami agar tak terjadi hal tidak diinginkan,” katanya.

Banyaknya ubur-ubur pada akhir bulan Juni-Agustus. “Wisatawan agar taat kepada peraturan jika ada ubur-ubur jangan dipegang, kami selaku tim SAR selalu siap,” katanya.

Gunung Kidul memang kaya akan destinasi wisata pantai. Tercatat ada 34 pantai di kabupaten ini, namun dari jumlah itu hanya 10 pantai yang cantik mempesona dan menjadi hits kunjungan wisatawan. Keindahan pantai-pantai di Gunungkidul sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat kawasan Gunungkidul yang beribukota di Wonosari memiliki banyak pantai cantik dengan sejuta pesona. Pantai itu antara lain:

#. Pantai Baron

Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, memiliki pemandangan yang cantik dengan air laut yang bersih berwarna gradasi kebiruan akan buat kamu tak sabar ingin nyebur ke dalamnya. Karena pantai ini diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan kanannya, ombak di pantai ini masih tergolong aman bagi kamu yang ingin berenang atau sekedar main air. Selain itu, di Pantai Baron juga terdapat pelelangan ikan. Wisatawan bisa melihat banyak perahu tradisional nelayan setempat yang ditambatkan di pinggir pantai yang semakin menambah keunikan pantai ini. Selain itu, ada juga sungai yang mengalir ke laut yang bisa dijumpai di dkat pantai ini.

#. Pantai Timang

Sekitar 35 km selatan Wonosari, Pantai Timang bisa jadi tujuan liburan seru sekaligus memacu adrenalin. Bukan untuk berenang, namun di pantai ini bisa menyaksikan hempasan ombak besar yang menghantam tebing dan batu karang yang ada di sekitar pantai ini. Pantai ini cocok bagi yang suka berburu foto keren untuk dipajang di Instagram. Juga ada kereta gantung terbuat dari kayu dengan tali tambang sebagai tali pengamannya untuk menuju Pulau Watu Panjang. Kereta gantung ini digunakan nelayan untuk membawa hasil tangkapan lobster di pulau tersebut menuju daratan. Namun, dengan membayar Rp 200.000 kamu bisa merasakan sensasi menyeberang dengan kereta gantung ini

#. Pantai Nglambor

Pantai cantik yang satu ini cocok sekali bagi yang suka berenang juga snorkeling. Menariknya aktifitas itu tak ganggu wisatawan sebab ombak beras dihalau pulau-pulau karang yang menghadang ombak besar dari samudera sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak begitu besar. Perairan pantai ini juga termasuk dangkal, berair jernih dan memiliki banyak terumbu karang serta ikan-iakn cantik yang bisa ditemui saat kamu snorkeling. Tersedia penyewaan alat snorkeling bagi kamu yang ingin puas-puasin bermain air di pantai ini.

#. Pantai Wedi Ombo

Ingin merasakan berendam dan mandi di pantai Gunungkidul tanpa takut tersapu ombak besar? Ke Pantai Wedi Ombo saja! Terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini memiliki gugusan karang yang berjajar rapi yang membentuk semacam laguna alami yang memungkinkan kamu berenang dengan bebas. Meski demikian kamu harus tetap waspada karena saat pasang, ombak laut juga bisa sampai ke laguna alami ini lho! Namun, selain pemandangan yang cantik plus lokasi berenang yang aman membuat pantai ini favorit banget untuk main air hingga menunggu sunset cantik.

#. Pantai Ngobaran

Pantai yang berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari juga menawarkan keindahan pantai laut selatan yang memukau dengan ombak besar dan air laut yang jernih dan bergradasi warna biru. Hamparan pasir putih plus pepohonan rindang di sekitar pantai ini semakin menambah kemolekan pantai, termasuk tersembunyi dan masih alami. Belum terlalu banyak wisatawan berkunjung ke pantai ini, jadi suasananya masih belum ramai dan tenang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat kuliner dari landak laut.

#. Pantai Kukup

Pantai Kukup di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Yogyakarta. Sisi timur pantai ini terdapat pulau karang diberi nama Pulau Jumino, memiliki gardu pandang agar wisatawan bisa menikmati pemandangan Samudera Hindia tanpa halangan. Selain itu, pantai ini memiliki hamparan pasir putih cantik plus ombak tenang. Meski pantai di laut selatan memiliki ombak besar, namun di Pantai Kukup terdapat gugusan terumbu karang di dekat bibir pantai yang melindungi pantai dari hempasan ombak besar, sehingga ombak yang sampai ke pantai jauh lebih tenang dan asyik untuk berenang atau main air.

#. Pantai Ngrenehan

Pantai ini lokasinya dekat Pantai Ngobaran. Namun menawarkan keindahan pantai yang memiliki dinding karang yan tak hanya cantik tetapi juga berfungsi untuk menahan hempasan ombak besar dari samudera, sehingga saat sampai ke bibir pantai ombaknya tidak begitu besar. Di pantai ini kamu juga bisa melihat langsung aktivitas nelayan yang mencari ikan da nada juga tempat pelelangan ikan di dekat pantai ini dimana kamu bisa membeli hasil tangkapan laut segar, entah itu untuk dibawa pulang atau dinikmati langsung di pantai ini.

#. Pantai Gesing

Berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Pantai Gesing bisa jadi alternatif bagi kamu yang suka dengan pantai yang masih sepi dan tenang tapi juga memiliki pemandangan yang killer. Di dekat pantai ini terdapat perkampungan nelayan, kamu bahkan bisa melihat jejeran perahu tradisional nelayan yang ditambat di dekat bibir pantai ini. Selain itu, hamparan pasir putih serta batu karang yang terlihat jelas ketika air surut semakin menambah cantiknya pantai ini. Ada juga bukit di dekat pantai ini yang bisa jadi alternatif untuk menikmati keindahan pantai Gesing dari ketinggian.

#. Pantai Jogan
Pantai yang terletak di Tepus, memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri, yaitu adanya air terjun yang langsung jatuh ke laut. Air terjun setinggi 10 meter ini berasal dari air di perbukitan kapur yang ada di kawasan geopark Gunung Sewu. Pantai yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia ini juga memiliki pemandangan super cantik dan lumayan menantang untuk ditelusuri. Untuk bisa sampai ke bagian bawah air terjun di pantai ini, kamu harus turun melewati batuan karang yang licin dan tak jarang ada kepiting kecil yang bisa menggigit kaki. Kamu juga bsia canoing lho di pantai ini! Seru kan! Pantai Jogan termasuk salah satu pantai terindah di kawasan Gunungkidul lho! Jadi sayang banget jika main ke Wonosari tapi tidak mampir ke pantai hits ini.

#. Pantai Siung
Pantai yang dikenal memiliki batu karang besar nan tinggi ini menawarkan pemandangan pantai yang tak biasa. Dinding karang ini biasa dijadikan tempat panjat tebing dan bahkan terdapat ratusan jalur pemanjatan di sekitar pantai ini yang sering dipakai pemanjat tebing maupun menjadi lokasi perlombaan panjat tebing tingakt nasional dan internasional. Terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lumayan luas dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan. (NDY)

LEAVE A REPLY