Waspada, 10 Negara Terapkan Hukuman bagi Wisatawan

0
910

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Makna peribahasa ini, perlu dipahami jika hendak berkunjung wisata ke negara lain. Mengingat, setiap negara memiliki peraturan berbeda yang wajib diketahui. Tak memahami hukum yang berlaku bisa membuat kita terkena sangsi hukuman.

Inilah sejumlah negara di berbagai belahan dunia memberlakukan aturan atas beberapa hal yang bagi kita mungkin terdengar aneh atau sepele. Apa saja? Berikut ini kami tampilkan 10 di antaranya yang dirangkum dari situs Wonderslist dan CNN.

01. Venesia – memberi makan merpati
Bagi Anda yang pernah menonton film dengan setting Venesia mungkin sudah tak asing dengan sejumlah lokasi di sana yang dipenuhi burung merpati. Meskipun burung-burung tersebut bebas berkeliaran, turis maupun warga lokal dilarang memberi makan mereka. Melanggar peraturan tersebut bisa dikenakan denda.


02. Barcelona – pakai bikini di luar pantai

Di pantai Barcelona Anda bebas mengenakan pakaian minim seperti swimsuit dan bikin. Bahkan bertelanjang dada pun tak masalah. Tetapi jika Anda sampai kedapatan tampil seperti itu di luar area pantai, sangsi berupa denda akan dikenakan kepada Anda.


03. Singapura – mengunyah permen karet

Dilarang mengunyah permen karet saat menumpang Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura. Tindakan seperti ini dianggap bisa mengganggu penumpang lain. Siapa pun yang melakukannya bakal dikenakan denda.

04. Florence – duduk-duduk di area gereja
Di Florence Italia, duduk di tangga atau pelataran gereja merupakan tindakan yang melanggar norma asusila. Selain itu, duduk-duduk di bangunan-bangunan milik negara juga dianggap tak pantas.

05. Arab Saudi – memotret gedung pemerintah
Jangan sekali-kali memotret gedung milik pemerintah, istana negara, dan instalasi militer jika berkunjung ke Arab Saudi. Tindakan seperti ini bisa berbuah penangkapan dan penahanan.

06. Barbados – kamuflase
Boleh percaya, boleh tidak. Barbados melarang siapa pun (termasuk anak-anak) mengenakan kostum kamuflase.


07. Thailand – foto bagian bawah dada

Wanita yang sedang berada di negara ini dilarang memotret bagian bawah payudara. Siapa pun yang melanggarnya bisa kena ancaman hukuman penjara selama 5 tahun. Pasalnya, tindakan ini dianggap melanggar undang-undang informasi dan transaksi elektronik yang berlaku di Thailand.


08. Iowa – larangan mencium bagi pria berkumis

Yang satu ini mungkin terdengar konyol. Tetapi, para pria berkumis di Iowa dilarang mencium wanita di depan publik.


09. Honolulu – bernyanyi setelah matahari terbenam

Honolulu, Hawaii memberlakukan aturan yang melarang setiap orang bernyanyi setelah matahari terbenam. Jadi, hati-hati saat Anda iseng ingin bersenandung di salah satu pantai Honolulu.


10. Samoa – melupakan ulang tahun istri

Kalau undang-undang yang satu ini pasti disetujui setiap wanita. Di Samoa, para suami dilarang melupakan hari ulang tahun istri mereka. ***

LEAVE A REPLY