Waspada, 10 Kota Wisata Dunia Rentan Pencopetan

0
465

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: BUKAN hanya di Indonesia, ternyata copet juga marak di berbagai negara lainnya. Termasuk di kawasan wisata internasional. Dalam memilih korbannya para ‘tangan panjang’ tak pandang bulu, termasuk wisatawan menjadi sasaran utama.

Para pencopet ini tidak kerja sendirian, melainkan dalam kelompok, sehingga pergerakannya sulit diketahui. Tangan mereka sangat lihay mengambil barang yang berharga. Mereka bekerja sangat tangkas, jika sudah mendapat barang yang diincar segera dilempar ke temannya. Begitu seterusnya cara berpindah tangan, sehingga pelaku utama tak pernah ketangkap karena tak ada barang bukti.

Karena itu, jika anda berpergian ke sebuah kota di negara lain, ada baiknya menjaga barang bawaan dengan sebaik mungkin. Waspada dengan seseorang yang mencurigakan. Sebab jika sudah kehilangan pasti akan membuat kerepotan.

Dilansir laman The Independent, Senin (01/02/2016) berikut 10 kota yang biasa dijadikan sebagai tujuan wisata tapi rentan pencopetan.

01. Barcelona, Spanyol

Barcelona Tourisme mengatakan, 7,5 juta turis yang berkunjung ke kotanya pada 2014 lalu rentan jadi korban pencopetan. Salah satu titik yang paling rawan adalah kawasan Las Ramblas, jalur pejalan kaki yang sangat terkenal di kalangan turis.

02. Roma, Italia

Punya banyak bangunan sejarah yang ikonik membuat Italia ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya. Sayangnya, keramaian itu juga mengundang pencopet.

03. Praha, Republik Ceko

Ramainya orang di jalanan Praha sepertinya membuat Anda harus meningkatkan kewaspadaan terhadap orang-orang bertangan panjang.

04. Madrid, Spanyol

Kota kedua di Spanyol yang rentan pencopetan adalah Madrid. Pasar loak El Rasti dan Metro merupakan beberapa titik rawan pencopetan. Tak hanya itu, museum juga kadang menjadi tempat aksi mereka. Waspadalah.

05. Paris, Prancis

Kerumunan yang sering meramaikan kawasan Menara Eiffel, Louvre, dan Metro membuat komplotan tangan panjang mengintai siapa saja.

06. Florence, Italia

Jika menatap patung Michaelangelo David terlalu lama, kesempatan Anda untuk dicopet akan semakin tinggi. Ingat, tidak semua orang datang untuk menikmati patung tersebut.

07. Buenos Aires, Argentina

Para pencopet di kota Buenos Aires terkenal dengan trik mustard. Mereka akan menaruh mustard di tubuh bagian belakang Anda seolah Anda kejatuhan kotoran burung. Dan tiba-tiba seorang tak dikenal akan mencoba membantu Anda. Jika hal itu terjadi, tetap jaga barang bawaan Anda, terutama ponsel.

08. Amsterdam, Belanda

Amsterdam terkenal sebagai kota yang nyaman dan ramah. Tapi, bukan berarti Anda bebas dari ancaman pencopetan. Keramaian turis di tengah kota biasanya mengundang pencopet untuk datang.

09. Athena, Yunani

Athena dipenuhi monumen dan atraksi luar ruang yang memikat banyak wisatawan. Hal ini juga berarti sangat sedikit pengamanan di tempat-tempat sibuk.

10. Hanoi, Vietnam

The Old Quarter atau Hoan Kiem di Hanoi penuh dengan monumen bersejarah dan bangunan berarsitektur yang mengagumkan. Wisatawan pasti akan memenuhi area itu, begitu juga dengan pencopet. (*/e)

LEAVE A REPLY