Warga Jakarta Butuh Wisata Murah Meriah

0
499
Monas, wisata murah di Jakarta

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Berwisata kini sudah menjadi bagian gaya hidup. Obyek atau tempat wisata murah meriah, sangat dibutuhkan dan menjadi pilihan utama bagi wisatawan lokal. Di Jakarta, untungnya masih ada tempat wisata murah meriah, sehingga tak pernah sepi dari kunjungan.

Sebut saja, Taman Marga Satwa Ragunan (TMR), Jakarta, yang selalu ramai dikunjungi. Setiap hari, ribuan turis lokal berkunjung apalagi hari libur, pengunjung yang datang bisa mencapai ratusan ribu orang. Taman wisata yang ada di Jakarta Selatan ini, menjadi tempat favorit wisata warga Ibu Kota maupun daerah.

Favorit lantaran TMR, salah satu tempat wisata termurah di Jakarta. Dengan harga tiket Rp4.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak di hari biasa, pengunjung bisa menyaksikan berbagai satwa di dalamnya, menikmati hawa sejuk dengan pohon yang rimbun dan mendapatkan hiburan yang menyenangkan.

Vivi (40) warga Slipi Jakarta Barat misalnya, mengajak dua anaknya ke Ragunan, saat musim liburan. Dipilihnya TMR karena menyediakan fasilitas cukup baik sebagai tempat wisata murah dan meriah. Juga kawasan wisata ini sangat aman, nyaman dan tak jauh dari tempat tinggalnya.

Selain harga tiket masuk yang murah, beberapa area permainan anak juga sangat terjangkau untuk kalangan masyarakat menengah bawah. “Di sini harga tiket masuknya murah. Ongkosnya murah. Tinggal naik bus Trans-Jakarta sudah sampai. Sangat bisa dijangkau oleh orang berpenghasilan pas-pasan seperti saya ini,” ujar guru TK.

Dibanding tempat wisata lainnya, sambung dia, seperti Ancol harganya tidak terjangkau warga kelas bawah. “Kalau ke Ancol nunggu gratisan jika ulang tahun Jakarta saja,” celotehnya.

Selain Taman Marga Satwa Ragunan, wisata murah meriah lainnya adalah kawasan Monas di Jakarta Pusat. Di Monas, wisatawan dapat menikmati hamparan halaman yang luas dipenuhi ribuan pohon yang menyejukkan. Juga dapat berjalan-jalan santai, atau duduk santai di halaman terbuka hijau sambil menikmati kemegahan Tugu Monas yang dibangun era Presiden pertama Ir. Soekarno.

Sayang, kemarau panjang saat ini membuat taman Monas kekeringan. Banyak pohon meranggas. Rumput yang hijau kini mengering dan tanahnya juga retak-retak. Sebagian daun berguguran akibat kemarau panjang.

Sebagai pilihan, mereka juga bisa masuk ke museum bawah Monas dengan membayar tiket Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Untuk naik ke puncak Monas, pengunjung dikenai biaya Rp15.000.

Jika sudah di Monas, bisa mampir ke Balai Kota Jakarta, yang dibuka bagi wisatawan secara gratis. Namun untuk masuk ke Balai Kota hanya dibuka Sabtu dan Minggu. Di dalam Balai kota bisa menikmati ruang pertemuan, berbagai foto sejarah Jakarta, aktifitas Gubenur DKI Jakarta dan lainnya.

Juga Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, juga banyak menarik animo masyarakat untuk berwisata. Setiap hari selalu ada pengunjung mendatangi kawasan ini. Beberapa pengunjung melihat-lihat museum yang ada di sini seperti Museum Fatahilah dan Museum Wayang atau menyaksikan kemegahan bangunan kuno penginggalan penjajah Belanda.

Memang, sebagian besar pengunjung memilih bercengkerama di depan museum. Biasanya pengunjung ramai pada sore dan malam hari. Untuk menikmati waktu bermain di kawasan itu, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk.

Mereka hanya perlu menyediakan uang untuk membeli camilan. Namun, jika pengunjung tidak punya banyak bujet, patungan menjadi cara yang efektif untuk berekreasi. Juga transportasi menuju kota tua sangat mudah, ada TransJakarta yang sudah menghubungkan seluruh kawasan Ibukota. Ayo berwisata. (endy)

LEAVE A REPLY