Wanda Hamidah Jelajah Wisata Syariah di Turki

0
117
Wanda Hamidah (Foto: Liputan6.com)

ISTANBUL, bisniswisata.co.id: Di Akun Instagramnya, Wanda Hamidah mengunduh foto-foto bersama ibu dan saudara-saudaranya tengah melakukan liburan dengan menjelajahi wisata syariah di Turki. Wanita kelahiran Jakarta, 21 September 1977 dan keluarga mengunjungi objek wisata populer di Cappadocia, Istanbul dan Pamukkale.

Juga satu kota kecil tak lupa disambanginya, yakni Konya. Konya dikenal sebagai kota sufi. Di sini jejak penyair sufi Jalaluddin Rumi bisa ditemukan. Tak ayal, selebritas yang kini berprofesi sebagai notaris ini memuat keterangan foto serba Rumi. Misal pemain film yang pernah membintangi Pengejar Angin (2011) dan Cahaya Dari Timur (2014) ini memuat ungkapan Rumi “Travel brings power and love back into your life”.

Seperti dilansir laman Tempo.co, Sabtu (06/10/2018), Konya merupakan kota kecil yang bisa dicapai dalam 4 jam dari Ankara, demikian juga dari Antalya. Di kota ini lah Rumi yang kelahiran Afganistan tutup usia. Jejak dan peninggalannya bisa dilihat di Museum Mevlana, objek wisata yang dikunjungi ibu empat anak.

Jalaluddin Rumi datang ke Konya atas undangan Sultan Seljuk yang berulangkali hingga akhirnya ia pindah ke sini. Di Konya, ia kemudian menyebarkan ajaran Sufi dan tentunya juga memperkenalkan tariannya. Hingga tari Sema atau dikenal juga sebagai tari Sufi pun dikenal berasal dari Konya.

Rumi dikenal juga sebagai Mevlana atau penganut sufi mistik dari Persia. Tak mengherankan jika yang ditemukan di sini adalah Museum Mevlana. Di bagian utama museum ini, terdapat makam dari keluarga Jalaluddin Rumi, dari ayahnya hingga cucunya. Pemakaman terlihat megah. Dulu museum digunakan sebagai tempat tinggal dari para Sufi.

Selain itu, ada benda-benda yang dipakai para sufi. Seperti terlihat dari foto-foto yang diunggah Wamda, terlihat turban yang pernah digunakan Rumi, demikian juga busana, Al Quran dan perlengkapan lainnya. Ada juga syair-syair para sufi yang dipajang. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.