Walikota Emil: Jangan Manja Berwisata ke Bandung

0
61
Bandros, bus wisata kota Bandung (foto: http://yourbandung.com)

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengakui setiap libur panjang akhir pekan, Kota Bandung selalu menjadi sasaran wisatawan dari luar kota. Diingatkan jika menghabiskan liburan ke Kota Paris Van Java hendaknya para pelancong selalu menjaga kebersihan dan ketertiban.

“Di libur long weekend ini, intinya saya selalu titip cuma dua hal yakni harus bisa menjaga ketertiban dan menjaga kebersihan, karena Bandung sudah tertib dan bersih, karenanya jangan dikotori oleh sampah yang ditinggal wisatawan,” pesan calon Gubernur Jawa Barat kepada wartawan di Bandung, Jumat (01/12/2017).

Walikota Emil juga mengajak wisatawan yang senang berkunjung ke pusat kota agar lebih baik berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. “Jadi jangan sedikit-sedikit naik mobil, lebih baik jalan kaki. Jalan kaki di Bandung makin nyaman dan aman. Kalau jarak dekat mah kepada wisatawan jangan manja dikit-dikit naik mobil saat berwisata ke Bandung, tapi cobalah berjalan kaki. Karena trotoarnya sudah banyak yang manusiawi,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, berkaitan dengan cuaca yang tidak bersahabat hujan, angin kebcang serta petir yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, wisatawan diminta selalu meningkatkan waspada. Terutama saat terjadi angin kencang

“Saya mohon kewaspadaan, karena cuaca ekstrem ini selain hujannya besar disertai angin kencang. Angin kencang biasanya berpengaruh pada pohon, tanggul jebol dan lain sebagainya. Pemkot bandung sudah siap siaga, masyarakat juga harus waspada waktu berkendaraan di jalanan,” katanya menegaskan.

Long Weekend, Kota Bandung selalu dibanjiri wisatawan utamanya dari Jakarta. Memang berwisata ke Bandung sangat mengasyikkan, penuh kenangan tersendiri dan selalu berkesan. Selain udaranya segar, juga kulinernya enak, tempat-tempat belanjanya mengasyikkan, sampai pemandangan alamnya yang begitu indah. Dan suasana kotanya yang unik dan menarik.

Disisi lain, dikelilingi tiga deretan pegunungan, Bandung terkenal akan udaranya yang sejuk khas tempat-tempat di dataran tinggi. Ditambah dengan kekayaan tradisi serta peninggalan masa lalu, tak salah rasanya kalau kota ini dijuluki Paris Van Java.

Tercatat ada 58 obyek wisata yang tersebar di Kota Bandung. Dari jumlah itu ada beberapa destinasi wisata kota Bandung yang ngehits, selalu dibanjiri wisatawan, antara lain:

# Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah sebuah tempat pertunjukan seni dan budaya yang bersifat edukatif. Dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya yang terbuat dari bambu. Sesuai dengan namanya, Saung Angklung Udjo memfokuskan diri ke pelestarian budaya angklung yang sekarang ini sudah mulai dilupakan. Acara yang dapat dilihat di Saung Angklung Udjo adalah wayang golek, helaran, tari topeng, dan orkestra angklung. Setiap sore di Saung Angklung Udjo selalu diadakan pentas seni rutin.

# Museum Geologi Bandung

Sebuah museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate. Seperti selayaknya sebuah museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber ilmu yang cocok untuk anak-anak. Selain sebagai sumber ilmu, Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena di sini mereka dapat melihat fosil dinosaurus. Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung Anda tidak perlu membayar mahal.

# Paskal Food Market

Paskal Food Market merupakan pusat wisata kuliner bandung dengan jumlah kios makanan yang sangat banyak. Dengan lebih dari 1,000 menu makanan dan minuman, Paskal Food Market adalah pusat kuliner terbesar di Bandung. Paskal Food Market berlokasi di Jalan Pasir Kaliki.

# Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung, sebuah kawasan wisata rekreasi permainan yang berlokasi menyatu dengan Trans Studio Mall (dahulu bernama Bandung Super Mall). Secara simpel, Trans Studio Bandung adalah Dufan versi dalam ruangan. Trans Studio Bandung adalah salah satu kawasan permainan dalam ruangan yang terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan yang seru. Selain menyatu dengan mall, Trans Studio Bandung juga menyatu dengan 2 hotel kelas internasional sehingga tidak perlu repot bila Anda ingin menginap.

# Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung lokasinya dekat ITB. Biasnaya anak kecil sangat suka melihat hewan. Selain berfungsi sebagai tempat wisata di Bandung, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat menambah pengetahuan tentang hewan.

# Bird and Bromelia Pavilion

Wisata edukasi satwa dan tumbuhan ini lokasinya di Jalan Akaza Utama No 9 Dago Giri Bandung. Wisatawan bisa menemukan beragam jenis burung, mulai dari kakak tua, macau, nuri, burung hantu, lovebird, dan masih banyak lagi jenis burung lainnya. Tak hanya melihat koleksi burung-burung tersebut, pengunjung juga dapat berinteraksi dan memberi makan burung secara langsung. Pengunjung juga dimanjakan dengan beragam jenis tumbuhan beserta penjelasannya. Ada beberapa tumbuhan langka yang hidup di taman wisata tersebut. Bahkan, banyak spot foto menarik untuk feed instagram kamu lho!

# Amazing Art World

Amazing art world merupakan museum lukisan berkonsep 3D, 4D bahkan 5D. Dalam museum yang terletak di Jalan Setiabudi ini, para pengunjung bisa melihat-lihat ratusan gambar dan lukisan tipuan mata yang sebagian besar tampak seolah-olah hendak keluar dari bingkai. Ada 13 zona lukis 3D, 4D, dan 5D. Zona lukis seni tersebut di antaranya history zone, aqua zone, dinosaurus zone, animal zone, artistic zone, living zone, media zone, main hall, fantasy zone, love zone, black art zone, winter zone, daily zone, Roma Italy Zone dan Main Hall. Dengan mengusung konsep one stop entertainment dan education activity, Museum ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi wisatawan saat libur lebaran di Kota Bandung.

# Upside Down World

Kamar terbalik di wisata Upside Down World Jalan Hj. Wasid No 31, Kota Bandung. Upside Down World merupakan salah satu wisata unik yang sedang diminati wisatawan. Di tempat ini terdapat beberapa ruangan yang berkonsep seperti di dalam rumah. Yang membuatnya lebih menarik, segala perabotan yang ada di dalam diset secara terbalik. Saat berkunjung ke sini, tak perlu khawatir jika tidak ada yang bisa merekam momen itu, para pegawai di Upside Down World siap membantu dan mengarahkan gaya untuk memotret momen terbalik kamu.

# Rumah Mode

Rumah Mode, sebuah factory outlet yang paling terkenal di Bandung. Berlokasi di Jalan Setiabudi, Rumah Mode merupakan factory outlet terbesar, terlengkap, dan teramai di Bandung. Suasana belanja di Rumah Mode sangatlah nyaman dan bersih, sehingga sangat cocok untuk mereka yang suka wisata belanja. Barang-barang yang ditawarkan di Rumah Mode yaitu pakaian, sepatu, tas, dan hal-hal lain yang berbau fashion. Kebanyakan dari barang-barang di Rumah Mode adalah barang sisa export sehingga bisa Anda dapatkan dengan harga relatif murah. (NDIK)

LEAVE A REPLY