Waisak, Pengunjung Borobudur Naik 50%

0
310
BOROBUDUR (foto:metronewstv.com)

MAGELANG, test.test.bisniswisata.co.id: Pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, naik 50 persen, bertepatan perayaaan Waisak pada Sabtu dan Ahad. Lonjakan yang tajam pada Sabtu (21/5) mencapai 25.336 orang atau naik sekitar 50 persen dibandingkan hari libur akhir pekan.

“Jumlah pengunjung khusus menggunakan tiket, bukan umat Buddha yang rayakan Waisak. Untuk umat Buddha tidak menggunakan tiket masuk, mereka masuk ke kompleks Candi Borobudur melalui pintu VII, bukan pintu masuk pengunjung biasa,” ungkap Kepala Unit Wisata Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum, di Magelang, Ahad.

Kebetulan, lanjut dia, Sabtu kemarin ada prosesi kirab umat Buddha dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur yang bisa menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. “Kenaikan pengunjung cukup signifikan meskipun hari libur normal, bukan libur panjang,” katanya.

Momentum perayaan Waisak di Borobudur ikut meramaikan kunjungan wisatawan ke candi Buddha terbesar di dunia. “Pada momentum Waisak ini animo masyarakat ke Borobudur cukup banyak termasuk wisatawan mancanegara,” tambahnya seperti dikutip Antara, Senin (23/5/2016)

Dilanjutkan, untuk meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan mancanegara pihaknya bersama instansi terkait melakukan pemasaran ke luar negeri. “Kami ke negara-negara yang penduduknya banyak memeluk agama Buddha. Kami datagi para biksu untuk mengajak umatnya berkunjung ke Borobudur,” tutupnya. (*/AN)

LEAVE A REPLY