Virgin Australia Akuisisi Tiger Airways

0
496
Virgin Australia

SYDNEY, bisniswisata.co: Maskapai penerbangan Virgin Australia mengakuisisi maskapai bertarif murah Tiger Airways Australia. Virgin membeli 40 persen saham maskapai tersebut dengan harga Aus$ 1 atau Rp 10.568 per lembar saham dari induk Tiger Airways di Singapura.

Virgin Australia membeli 60 persen saham Tiger Airways Australia pada pertengahan 2013 dengan harga Aus$ 35 juta. Transaksi ini berlaku dengan kesepakatan akan membeli sisanya setahun kemudian.

Direktur Virgin Australia John Borghetti mengatakan akuisisi ini memungkinkan perusahaannya mengarungi sejumlah rute internasional jarak pendek baru, mendapat peluang pertumbuhan bisnis, dan mendorong profitabilitas.

Setelah transaksi ini selesai, Tiger Australia akan mendapatkan keuntungan lebih cepat dibanding jadwal pada akhir 2016. “Karena kami bisa manfaatkan sumber daya yang lebih luas,” ujarnya seperti dilansir Bussines Insider, Sabtu (18/10/2014).

Sedangkan Tiger Airways Singapura kembali melepas sahamnya ke Singapore Airlines. Singapore Airlines kini menguasai 55 persen saham Tiger, bertambah dari sebelumnya 40 persen. Strategi ini membuat Tiger Airways menjadi anak perusahaan Singapore Airlines.

Saat ini Tiger Airways dan anak-anaknya berjuang cukup keras untuk memperoleh dana segar karena persaingan ketat di Asia. Layanan penerbangan murah di Asia kini dikuasai oleh AirAsia dan Jetstar Asia Malaysia.

Awal tahun 2014, Tiger Airways telah menjual 40 persen saham di Tiger Airways Filipina untuk menyaingi Cebu Pasific. Dan Juli lalu, joint venture dengan PT Mandala Airlines Indonesia berhenti beroperasi karena merugi. ***

LEAVE A REPLY