Vietnam Tuding Tiongkok Bahayakan Keselamatan Penerbangan

0
345


HANOI, test.test.bisniswisata.co.id:
BADAN Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV) menuding Tiongkok membahayakan keselamatan udara di kawasan lewat sejumlah penerbangan tanpa pemberitahuan di perairan sengketa Laut China Selatan.

“Sejumlah penerbangan itu membahayakan semua penerbangan di kawasan,” kata CAAV dalam surat kabar Tuoi Tre Daily, Sabtu (9/1/2016).

Dalam surat kabar Zing.vn, Minggu (10/01) direktur CAAV Lai Xuan Thanh juga mengatakan surat protes terhadap sejumlah penerbangan itu telah dikirim ke Beijing dan juga Badan Penerbangan Sipil Internasional PBB (ICAO).

“Pesawat Tiongkok telah mengabaikan semua peraturan dan norma ICAO dengan tidak melakukan kontak radio dengan menara pengawas Vietnam,” kata Xuan.

Selama tujuh hari hingga 8 Januari, Vietnam mencatat adanya 46 insiden yang melibatkan penerbangan oleh pesawat Tiongkok tanpa pemberitahuan.

Media pemerintah Tiongkok pada Rabu melaporkan adanya dua pesawat yang mendarat di karang Fiery Cross di deretan Kepulauan Spratly yang disengketakan.

Spratly diklaim Hanoi, tapi saat ini dikendalikan Tiongkok, yang meningkatkan aktivitasnya dengan membuat sejumlah pulau artifisial.

Tiongkok mengklaim hampir semua kawasan Laut China Selatan, suatu langkah yang dikecam banyak negara tetangganya dan juga dunia internasional. (*/e)

LEAVE A REPLY