Sisa Perang Dunia di Minahasa Tenggara Ditawarkan Wisatawan

0
1234
Veldbox tak terawat di Minahasa Tenggara (Foto: Tribune Manado.com)

RATAHAN, test.test.bisniswisata.co.id: Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara, masih menyisakan beberapa bangunan bersejarah seperti veldbox (benteng kecil) sisa perang dunia kedua, yang tersebar di beberapa titik daerah tersebut.

“Veldbox ada di perkebunan Tareten Ratahan, merupakan peninggalan Jepang saat menghadapi sekutu pada perang pasifik,” ujar pemerhati budaya, Deny Tambarici, di Ratahan, seperti dilansir laman Antara, Selasa (02/06/2015).

Dijelaskan, konstrusi bangunan yang dibangun kokoh berbahan beton bertulang di lengkapi satu buah pintu masuk, di dalamnya ruang kosong berbentuk lingkaran dengan beberada jendela bidik untuk meletakan moncong senjata. “Bangunan ini sengaja dibangun untuk melawan para sekutu yang ingin mendarat di tanah Minahasa, sehingga bangunan harus kokoh untuk menangkal serangan musuh,” ceritanya.

Veldbox jenis ini bisa ditemukan dibeberapa tempat di Minahasa Tenggara, seperti di garis pantai buku Desa Buku Kecamatan Belang. “Bedanya veldbox di desa Buku dibangun di pantai, fungsinya sama, dulunya tepat berada di garis pantai. Tapi ketika di bangun talud pemecah ombak penahan terjadinya abrasi, sehingga veldbox didorong ke pantai oleh alat berat,” terangnya.

Sayangnya meski menjadi bangunan bersejarah, veldbox di perkebunan Tareten terlihat kurang mendapat perawatan, selain itu, bangunan ini nyaris luput dari promosi pemerintah. “Tak banyak masyarakat yang tahu bangunan ini, sepintas hanya bangunan tak bernilai. Padahal dari catatan sejarahnya begitu bernilai dan potensial untuk di jadikan objek wisata,” sambung Alfendy Rayo salah satu tokoh masyarakat Minahasa Tenggara lainnya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa Tenggara, memastikan jika bangunan veldbox merupakan salah satu peninggalan sejarah potensial yang baik untuk dikembangkan. Juga dipromosikan ke waisatawan yang diharapkan datang untuk menyaksikan peninggalan sejarah dunia.

“Promosi saya kira sudah dilakukan, termasuk veldbox tapi butuh waktu dan anggaran untuk penataan hingga promosi secara instan,” ujarnya. @

LEAVE A REPLY