UNESCO Tetapkan Arsip KAA 1955 Sebagai Warisan Dunia

0
446

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan arsip Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 di Bandung sebagai warisan dunia. Penetapan itu melalui jalan sidang panjang UNESCO di Abu Dhabi pada pertengahan Oktober 2015.

“Kami menyambut baik ditetapkannya arsip KAA sebagai warisan dunia. Kami berinisiatif mengajukan pada tahun 2012 ke UNESCO agar arsip Konferensi Asia Afrika pertama bisa diakui warisan dunia, ternyata mendapat pengakuan dunia,” papar Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Mustari Irawan di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Dijelaskan. pengajuan ke UNESCO lantaran arsip KAA yang digelar di Bandung memiliki nilai yang sangat tinggi. “Arsip KAA unik dari isi atau informasinya. Arsip KAA menggambarkan sebuah peristiwa yang memiliki nilai amat kaya dan lengkap mengenai peristiwa 18 – 24 April 1955 yang akan menjadi ingatan bersama bagi negara-negara di Asia Afrika,” tambahnya.

Konteks arsip KAA, sambung dia, memberi gambaran waktu, tempat, kejadian, dan iklim politik dunia yang dikuasai oleh dua blok pada masa itu. Konteks arsip tersebut menunjukkan bergeloranya semangat negara-negara Asia Afrika peserta konferensi untuk memperjuangkan hak-hak dasar dan keinginan memajukan kehidupan dunia.

“Arsip tentang peristiwa KAA mewakili semangat dan solidaritas yang melampaui batas negara. Selain itu mampu memberi kontribusi terhadap terciptanya kesejahteraan negara-negara di dunia dengan hilangnya persaingan di antara negara-negara tersebut,” lontar Mustari. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY