UKM Harus Manfaatkan Momentum Kebangkitan Pariwisata

0
109
UKM bikin kerajinan terkait oleh-oleh tempat wisata

DENPASAR, Bisniswisata.co.id: Pariwisata Indonesia mengalami kebangkitan dengan meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke destinasi wisata. Bahkan daerah-daerah kini berupaya memajukan kawasan wisatanya untuk ditawarkan ke para pelancong. Momentum ini hendaknya dimanfaatkan sekaligus mampu membangkitan potensi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah tujuan wisata.

“Pariwisata merupakan satu-satunya industri yang memerlukan keterlibatan masyarakat, komunitas termasuk pengusaha UKM yang jumlahnya cukup banyak dan menyebar di tanah air. Nah, jika pariwisatanya maju, selayaknya sektor UKM juga akan maju. Peluang ini yang harus bisa ditangkap para UKM,” papar Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Hermawan Kartadjaja.

Misalnya, sambung pakar marketing, wisatawan asing mau beli oleh-oleh dimana, mau homestay dimana. “Asal masyarakatnya sadar mau mengambil peran yang dibutuhkan itu. Kalau ndak tahu, ya gimana, UKM ndak akan maju-maju,” lontar Hermawan saat mengikuti pembukaan Sanur Village Festival (BSVF) 2017 di pantai Segara, Sanur, Denpasar, Rabu (9/8/2017) malam.

Hermawan mengatakan masyarakat jangan hanya jadi penonton dan pekerja. Pariwisata diharapkan akan menumbuhkan pelaku-pelaku UKM baru. “Masyarakat jangan hanya cuma kerja di hotel, tapi bukalah homestay, janganlah jadi pemandu wisata, tapi bukalah travel agent kecil-kecilan tapi segmented,” ungkapnya.

Selain itu, jangan cuma jadi karyawan toko souvenir, tapi coba jadi pengusaha souvenir dengan buka toko sendiri walau kecil-kecilan, saran Hermawan juga Presiden Asia Council for Small Business (ACSB).

Menyinggung UKM di obyek wisata Sanur Bali, Hermawan mengaku apresiasi adanya kemajuan pariwisata dan UKM di Sanur. Semua UKM yang terlibat dalam festival ini berangkat dari bawah dan mereka bersatu padu membangun pariwisata. “Jika pariwisata maju, tentu akan beriringan dengan kemajuan sektor UKM yang ada,” ucapnya.

Menurut IB Gede Sidharta Putra, ketua panitia Sanur Village Festival 2017, jumlah partisipasi komunitas jauh meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. BSVF tahun ini merupakan acara tahunan yang ke-12, mulai dari 9 – 13 Agustus 2017. Dia berharap omzet penjualan kegiatan bertaraf internasional ini kembali meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp16 miliar. (*/BBS)

LEAVE A REPLY