Turis China Melonjak, Terminal Bandara Sam Ratulangi Diperluas

0
42
Bandara Sam Ratulangi Manado. (Foto: https://media.travelingyuk.com)

MANADO, Bisniswisata.co.id: Tingginya pertumbuhan penumpang, terutama penumpang internasional dari China ke Sulawesi Utara (Sulut) melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado mendapat perhatian Komisi V DPR RI.

“Pertumbuhan penumpang utamanya dari China, seharusnya Angkasa Pura I bisa melihat tren itu, sehingga tidak menunggu hingga melebihi kapasitas. Pembangunan terminal ini berimplikasi pada delay-nya penerbangan dan penumpukan penumpang. Tak hanya untuk Bandara Sam Ratulangi, juga seluruh bandara lainnya,” ujar Anggota Komisi V Sungkono saat meninjau Bandara Sam Ratuangi.

Direktur Teknik PT Angkasa Pura I Polana Banguningsih Pramesti memaparkan rencana strategis Bandara Sam Ratulangi, dengan melakukan investasi pembangunan terminal bandara seluas kurang lebih 30.000 meter persegi. Pembangunan terminal bandara dimulai 2018. Direncanakan pula adanya perpanjangan runway sebesar 150 meterx45 meter ke arah runway 18 berikut fasilitas pendukungnya.

Dalam pembahasan terkait pengembangan bandara itu, hadir pula Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi Airnav Indonesia, Yurlis Hasibuan. Pada prinsipnya Airnav akan mendukung penuh rencana pengembangan Bandara.

“Kami akan mendukung rencana tersebut, alat-alat juga akan dipindahkan jika ada perpanjangan runway. Sebagai bahan masukkan, jika memang kesulitan perpanjangan landasan ke arah runway 18, karena harus memotong bukit, perpanjangan bisa dilakukan ke arah runway 36. Jika ke arah sana runway bisa diperpanjang hingga menjadi 3000 meter,” tutur Yurlis, Jumat (27/10/2017).

Rencana perluasan terminal ini sebagai bentuk anstisipasi pertumbuhan penumpang yang sangat tinggi khususnya dengan adanya peningkatan wisatawan asing (penerbangan internasional) sebesar 80%.

Hal ini sesuai tahap dua rencana induk bandara yang kapasitas eksistingnya mencapai 2,62 juta pax dan Bandara Internasional Sam Ratulangi telah melampaui kapasitas tersebut. Hambatan perpanjangan runway dari arah 36 yaitu padatnya pemukiman penduduk, namun hal tersebut akan dikaji kembali oleh tim. (*/DAY)

LEAVE A REPLY