Turis Asing Diuntungkan Lemahnya Rupiah

0
1041

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dinilai dapat mendatangkan keuntungan bagi Indonesia, terutama di sektor pariwisata. Wisatawan mancanegara lebih banyak yang berkunjung ke Indonesia.

“Mereka (wisatawan mancanegara) kan bisa mendapatkan rupiah lebih banyak, ketika mereka menukar mata uang mereka,” ujar Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Didin Junaedy, di Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Menurut Didin, turis yang paling diuntungkan dengan melemahnya rupiah adalah turis regional, yang berasal dari negara-negara seperti Singapura dan negara tetangga lainnya. Didin melihat wisatawan dari negara-negara terdekat bisa datang kapan saja, tanpa harus merencanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

“Kalau wisatawan regional tidak seperti wisatawan dari Eropa atau Amerika, yang harus merencanakannya sejak setahun sebelumnya,” jelas Didin seperti dikutip laman beritasatu.com

Meskipun begitu, Didin mengimbau pada pemerintah agar mereka bisa menekan harga-harga kebutuhan primer, agar tidak melambung terlalu tinggi.

“Para turis itu kalau ke Indonesia, kan pasti berbelanja. Kalau pemerintah terus membiarkan harga kebutuhan primer melonjak, turis yang punya rupiah tidak bisa belanja banyak, karena harga barang yang mahal di sini,” ujarnya. ***

LEAVE A REPLY