Tujuh Destinasi Wisata dalam Lembaran Uang Rupiah Baru

0
516
Taman Nasional Komodo (Foto: http://blog.reservasi.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan mata uang kertas Rupiah yang baru, pekan lalu. Menariknya, desain uang terbaru ini bukan hanya menampilkan tokoh-tokoh Pahlawan Nasional, namun sejumlah pemandangan alam yang ada destinasi wisata Nusantara menghiasi setiap lembarannya.

Uang kertas bergambar pariwisata Indonesia ini, juga menunjukkan bentuk konkret keseriusan dan komitmen Presiden Jokowi dalam membangun pariwisata secara total. Sekaligus memperkokoh fondasi soliditas pariwisata agar dikenal di mancanegara.

Tercatat ada 7 destinasi wisata Indonesia yang masuk dalam uang rupiah terbaru. Destinasi itu antara lain:

01. Raja Ampat

Pada pecahan Rp100 ribu, bagian depan uang dihiasi oleh wajah para Pahlawan Proklamator Indonesia, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Ketika Anda membalikkan uang tersebut, terlihat jelas pemandangan khas Raja Ampat dengan gugusan limestonenya yang sangat menawan. Selain itu, di bagian tengahnya juga disisipkan ilustrasi Tari Topeng khas Betawi dan bunga anggrek bulan.

02. Taman Nasional Komodo

Selanjutnya ada pemandangan indah dari tanah NTT, yakni Taman Nasional Komodo pada pecahan Rp50.000. Seperti diketahui, saat ini Taman Nasional Komodo tidak hanya menyuguhkan endemik Komodo saja sebagai daya tariknya, pesona bahari yang tersebar di kawasan ini pun menjadi incaran para wisatawan mancanegara. Sebut saja Pink Beach dan Pulau Padar yang mulai dikenal di kancah internasional

03. Derawan

Pada pecahan Rp20.000, giliran Pulau Kalimantan yang menunjukkan kekayaan alamnya. Anda dapat melihat ilustrasi keindahan alam Derawan di Kabupaten Berau Kalimantan Timur yang dikenal memiliki gradasi air laut berwarna biru dan hijau. Hamparan pasir putihnya pun tak luput dari desain uang ini.

04. Taman Nasional Wakatobi

Setelah Raja Ampat, Taman Nasional Komodo, dan Derawan, tak lengkap rasanya jika belum memasukkan Taman Nasional Wakatobi. Terletak di kawasan Sulawesi Tenggara, Wakatobi menyuguhkan keindahan bawah laut yang begitu mempesona. Maka tak heran, jika pada pecahan Rp10.000, pihak BI menampilkan ilustrasi seorang penyelam saat sedang menyaksikan keindahan terumbu karang dan fauna di Taman Nasional Wakatobi.

05. Gunung Bromo

Pemandangan dramatis Gunung Bromo yang ada di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur juga ikut dimasukkan dalam pecahan Rp5.000. Objek wisata ini sangat tersohor karena menyajikan keindahan Negeri di atas awan yang sangat memanjakan mata. Tak hanya itu saja, momen matahari terbit juga menjadi salah satu andalan wisata yang selalu ditunggu-tunggu para wisatawan.

06. Ngarai Sianok

Keindahan alam Tanah Sumatera Barat ternyata tidak luput dari perhatian para pejabat-pejabat negara. Salah satu objek wisata andalan Tanah Minang yakni Ngarai Sianok, terlihat menghiasi pecahan Rp2.000. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai Sianok memiliki pemandangan hamparan pepohanan hijau nan rindang. Di bagian bawahnya mengalir sebuah anak sungai dengan latar belakang Gunung Merapi dan Singgalang.

07. Banda Naira

Destinasi terakhir ditutup oleh keindahan alam Banda Naira di Maluku Tengah yang menghiasi pecahan Rp1.000. Keeksotisan pulau ini memang patut diperhitungkan. Selain pesona wisata baharinya yang sangat indah, para wisatawan juga dapat mengeskplorasi bangunan-bangunan kuno yang sudah ada sejak masa kolonial Belanda tahun 1611. Salah satu landmarknya adalah Benteng Belgica. Benteng ini lah yang menjadi ilustrasi pada pecahan Rp1.000 terbaru. (*/OKE)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.