Tips & Trik agar Liburan Tak Boros

0
1135

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: LIBURAN akhir tahun sebentar lagi datang. Saat berlibur wisata, kerapkali mengabaikan jumlah pengeluaran, yang terpikir dalam benak hanya bersenang-senang. Terlalu boros saat berlibur, akibatnya kehabisan uang setelah memanjakan diri.

Artinya, Anda tetap harus mengelola keuangan dengan baik saat berlibur bersama teman atau keluarga. Lagipula, tidak boros saat berlibur bukan berarti Anda kehilangan seluruh kesenangan yang ada.

Jadi, hindari membeli apa pun yang Anda inginkan saat tengah berlibur tanpa memikirkan dampaknya pada keuangan Anda di masa depan. Inilah trik sederhana agar tak boros selama berlibur seperti dilansir magforwomen, Sabtu (5/12/2015):

01. Buat Anggaran Liburan

Rencana liburan Anda tidak harus pergi ke tempat-tempat yang jauh dan membutuhkan banyak biaya. Rencanakanlah pergi ke tempat yang sederhana namun sangat berkesan, dan dari sisi biaya lebih murah. Dengan begitu Anda masih dapat menghemat uang. Gunakan poin reward akumulasi dari kartu kredit Anda atau point dari kartu keanggotaan suatu maskapai penerbangan, akan menekan anggaran pengeluaran.

02. Rencanakan secara matang

Rencanakan dan buatlah daftar yang diperlukan untuk liburan, seperti : hadiah, kartu ucapan, pemesanan hotel, pemesanan tiket pesawat. Pemesanan hotel dan pesawat jauh-jauh hari sebelum musim liburan biasanya akan mendapatkan harga yang lebih murah, jika dibandingkan kalau kita pesan saat menjelang liburan.

03. Naik transportasi umum

Saat datang ke tempat baru, menyewa mobil atau tour guide tampak seperti hal mudah dan menyenangkan untuk berkeliling kota. Meski begitu, jika Anda tak ingin terlalu boros, cobalah menggunakan transportasi umum. Tak ada salahnya Anda mencoba berjalan kaki jika tempat menginap dekat dengan tempat wisata yang hendak dikunjungi.

04. Belanja cerdas

Jangan pernah berpikir untuk belanja seperti di mal saat Anda berlibur. Anda bisa membeli barang-barang bermerek di mana saja. Saat berlibur, cobalah berbelanja di toko-toko tradisional mengingat harganya lebih murah dan Anda dapat menemukan barang-barang unik serta menarik untuk dibawa pulang.

05. Jangan makan di hotel

Tujuan wisata sering kali dibanjiri dengan kafe dan tempat makan lokal. Di sana Anda dapat menikmati makanan lezat dengan harga lebih murah dibandingkan di hotel. Seperti diketahui banyak orang, makanan di hotel-hotel sering kali jauh lebih mahal. Belum lagi, pajak makanan yang harus dibayar juga lebih tinggi. Jadi cobalah makanan lain di restoran lokal dengan harga lebih murah.

06. Jangan makan di bandara

Tak berbeda jauh dengan hotel, harga-harga makanan di bandara kerap dipatok lebih tinggi dari harga pada umumnya. Bahkan makanan ringan di dalam bandara dapat menguras kocek Anda. Jadi siasati hal tersebut dengan membawa makanan ringan dari rumah dan mengonsumsinya saat menunggu penerbangan di bandara.

07. Bayar dengan uang tunai

Alih-alih membabi buta menggesekkan kartu kredit di setiap toko, Anda akan lebih baik belanja dengan menggunakan uang tunai sehingga dapat dengan mudah mengontrol pengeluaran belanja. Ini secara alami juga akan membantu dalam mengurangi pengeluaran yang tidak perlu di saat Liburan. (*/e)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.