Traveling, Waspadai Aturan Unik di Belahan Dunia

0
21

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Traveling, berwisata atau melancong memang mengasyikkan. Jika berkunjung ke beberapa negara termasuk Indonesia, jangan lakukan hal-hal ini bertentangan dengan adat istiadat, kebiasaan dan aturan yang ada di obyek wisata yang dikunjungi. Ya, ketimbang kena damprat, sanksi, denda bahkan dideportasi lebih baik mengetahui lebih dulu peraturan yang ada.

Tak bisa dipungkiri, aturan itu sengaja diciptakan untuk menjaga kelestarian, kenyamanan, tata krama dan ketertiban. Memang kita wajib mengikuti dan menghormati karena wisatawan itu sebagai tamu yang harus tahu seluk beluk di negara itu.

Terdata ada beberapa negara yang menerapkan peraturan yang dianggap unik, aneh, lucu namun itulah aturan yang wajib kita pegang, kita patuhi, kita hormati dan harus kita sadari bahwa kita berada di Negara Orang.

# Thailand -Dilarang Menyetir Tanpa Pakaian
Thailand cukup memperhatikan urusan berpakaian. Karena selain larangan ke luar rumah tanpa mengenakan pakaian dalam, juga larangan menyetir dalam keadaan tak memakai atasan atau bahasa kerenya Toples. Seseorang tengah mengemudikan kendaraan roda dua maupun empat, tak diperbolehkan bertelanjang dada. Jika ketahuan Polisi hukumannya cukup berat. Selain denda cukup besar, juga ditahan. Bagi wisatawan akan di deportasi ke negara asalnya.

# Portugal – Dilarang pipis di laut
Peraturan ini terbilang konyol dan unik. Pemerintah melarang orang buang air kecil di perairan laut Portugal. Jika ada wisatawan yang ketahuan melakukannya, siap-siap untuk ditindak pidana. Tujuan sebenarnya baik, yakni untuk menjaga kebersihan pantai dan membuat orang lain serta masyarakat setempat nyaman bermain di pantai.

# Jepang – Aturan Makan Kuliner Sushi
Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal dengan sopan santun dan etika yang sangat baik. Kalau kamu ke Jepang, jangan sampai salah etika. Salah satu hal yang sering jadi kesalahan adalah cara makan. Ada beberapa yang harusnya tidak kamu lakukan pas makan.
Pertama, makan sushi langsung sekali suap, jangan digigit. Sushi yang digigit itu menandakan bahwa kamu melecehkan chefnya dan bisa jadi kamu ditegur. Kalau kamu makan makanan yang lain, pastikan jangan mengoper makananmu dengan temanmu dengan menggunakan sumpit karena itu dianggap nggak sopan.

# Inggris,
Wisatawan membuang air kecil di tempat umum. Syaratnya ia harus melakukannya di roda belakang dengan tangan kanan menempel pada kendaraannya.

# Tiongkok – Jangan Memberi Bunga
Kalau kamu menjalin LDR sama pacar kamu di Tiongkok, jangan memberi dia bunga di saat kalian bertemu. Karena di Tiongkok, pemberian bunga diasosiasikan sebagai kematian. Jadi intinya kalau kamu kasih bunga kepada orang Tiongkok, itu berarti kamu nyumpahin dia buat cepat mati. Makanya hati-hati ya!

# Korea Selatan – Jangan Bicara Keras
Mungkin kita sudah biasa melihat orang saling bertegur sapa di transportasi umum. Namun, hal ini gak akan kamu temui di Korea. Berbicara dengan volume keras di transportasi umum dianggap kejam dan mengganggu kenyamanan pengguna lainnya. Jadi kalau kamu berlibur ke Korea dan ingin ngobrol dengan temanmu, mending lewat WhatsApp saja ya.

# Venesia, Italia – Dilarang memberi makan merpati
Di taman kota atau sepanjang jalan Venesia banyak terdapat burung merpati yang terbang bebas. Tapi ingat, jangan coba-coba memberi mereka makan. Pemerintah setempat sangat resah dengan kotoran burung merpati yang ada di jalanan atau bangunan. Oleh sebab itu, denda pun menanti bagi wisatawan yang kedapatan memberi makan burung merpati.

# Turki – Jangan Beri Isyarat dengan tangan
Kamu lagi di Turki terus mau memuji makanannya? Jangan beri isyarat tangan seperti yang di gambar! Mungkin mayoritas negara mengartikan itu dengan kata “OK”, namun tidak buat di Turki. Dengan memberikan isyarat tangan seperti itu, kamu dianggap menghina dan nantangin mereka.

# Athena, Yunani – Dilarang memakai sepatu high heels
Bagi wisatawan wanita yang gemar memakai sepatu high heels, siap-siap untuk melepasnya saat melancong ke Yunani. Pemerintah setempat melarang keras wanita yang memakai sepatu tersebut saat datang ke destinasi bersejarah, seperti situs-situs kuno di Athena. Mengapa? Karena sepatu high heels dianggap dapat merusak lantai-lantai pada bangunan-bangunan bersejarah di sana.

# Jerman – Jangan sembunyikan tangan
Sebagai negara yang terkenal dengan orang-orang yang keras, Jerman juga memiliki tata krama yang sangat ketat. Bila kamu berbicara dengan orang Jerman, jangan mencoba menyembunyikan tanganmu. Menyembunyikan tangan dianggap tidak menghargai lawan bicaramu dan membuat orang sakit hati. Saat kamu makan bersama orang Jerman, jangan meletakkan tanganmu dipangkuanmu. Letakkan tanganmu di meja, biar ia bisa memegang tanganmu dengan penuh cinta (lho?)

# Belanda – Jangan Jalan di Jalur Sepeda
Mungkin kita biasa melihat orang jalan kaki di jalur sepeda atau motor di trotoar. Tapi, jangan sampai kamu terapkan ini di Belanda. Bila kamu jalan kaki di jalur sepeda di Belanda, bisa-bisa kamu langsung didamprat. Maka dari itu, jalanlah di tempat yang seharusnya.

# Swiss – Dilarang menyiram toilet setelah pukul 22.00
Di balik kecantikan Pegunungan Alpen dan Danau Interlaken, Swiss ternyata punya peraturan aneh. Betapa tidak, beberapa apertemen dan penginapan di Swiss melarang wisatawan untuk menyiram toilet setelah pukul 22.00 waktu setempat. Tak hanya itu, mereka juga melarang wisatawan untuk tidak buang air kecil sambil berdiri setelah pukul 22.00. Mungkin alasannya, bunyi air di toilet saat larut malam dapat menganggu kenyamanan tidur orang lain.

# Rusia – Jangan Senyum Sembarangan
Lagi jalan-jalan ke Rusia dan ingin berkenalan dengan orang lokalnya? Hati-hati ya. Di Rusia, memberi senyum ke orang asing dianggap tidak sopan. Senyuman itu cuma diberikan ke orang-orang yang sudah kamu kenal saja. Jadi jangan heran kalau di Rusia wajahnya jutek-jutek semua, karena itu adalah bagian dari tradisi.

# Alabama, AS – Diizinkan menutup mata saat menyetir
Ada peraturan aneh di Alabama, negara bagian As yang berada di selatan. Di sana meyarakat dan para wisatawan diperbolehkan menyetir kendaraan dengan mata tertutup. Soal ini, Telegraph pernah menulisnya. Peraturan itu diangap berlebihan tapi benar adanya.

# Norwegia – Jangan Bunyikan Klakson
Membunyikan klakson di beberapa jalanan memang sudah biasa, tapi tidak di Norwegia. Orang-orang Norwegia membunyikan klakson bila ada masalah yang mendesak. Jangan sampai pas kamu lagi jalan di Norwegia naik mobil, terus kamu klakson mobil di depan karena jalannya lama. Bisa-bisa orang sejalanan langsung panik gara-gara kamu.

# Perancis – Jangan Makan sambil Berjalan
Di negara modis ini, makan adalah ritual yang suci. Jadi, kamu harus tahu tata krama pas makan di Perancis. Salah satu yang paling umum adalah tidak boleh makan sambil berjalan. Kebiasaan ini dianggap sebagai tingkah yang kasar dan tentu saja tidak sopan. Kalau kamu kelaparan dan sudah beli makanan takeaway, jangan makan sambil berdiri. Cari kursi terdekat agar kamu bisa menikmati makananmu.

# Indonesia – Jangan Bercanda Bawa Bom
Saat berwisata ke penjuru nusantara dengan mengunakan transportasi udara, jangan sekali-kali bercanda membawa bom saat di bandara. Karena ini dianggap pelanggaran berat dan bisa ditangkap. Bahkan tidak boleh menumpang pesawat itu. Bukan hanya yang anda bercanda namun keluarga atau teman seperjalanan juga dilarang naik pesawat itu. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY