Traveling, Berbagai Keapesan Kerap Menghantui

0
37
Jet Lag

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Mendengar kata travelling, pasti akan tertuju langsung soal kelana ke destinasi wisata impian. Nggak hanya itu, berbagai kegiatan seru pun akan langsung terbayang, yang akhirnya membuatmu jadi ingin liburan secepatnya.

Ketika sudah memutuskan untuk pergi travelling dengan berbagai persiapan yang matang. Pastinya selalu mengharap perjalanan lancar tanpa adanya hambatan apapun. Tapi, manusia kan hanya bisa berencana. Terkadang, nggak semua hal yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan mulus loh.

Bisa jadi, semua rencana liburan impianmu berubah total karena berbagai keapesan yang terjadi di tengah perjalanan. Keapesan itu kerap menyelimtui antara lain:

# Delay atau ketinggalan pesawat

Sudah semangat-semangatnya datang 2 jam sebelum keberangkatan. Ternyata, pesawat yang akan ditumpangi malah delay berjam-jam bahkan menunda penerbangannya. Atau dalam kasus lainnya, terlambat datang ke bandara dengan kondisi belum check-in, dan harus melalui berbagai pemeriksaan. Alhasil, nggak boleh masih dan akhirnya ketinggalan pesawat. Sedih banget kan!

# Bagasi hilang atau terbawa penerbangan lain

Keapesan dalam travelling kadang terjadi di luar kendali kita. Saat sudah santai duduk di kabin pesawat, biasanya kamu akan langsung excited tanpa was-was akan bagasimu. Sesampainya di destinasi tujuan, kamu pasti akan langsung menuju ke tempat pengambilan bagasi untuk mengambil semua bawaan untuk keperluan liburanmu. Tapi yang namanya lagi apes, bisa aja bagasimu terbawa ke penerbangan lain, atau yang lebih parahnya lagi malah hilang.

# Nyasar jauh banget dari tempat tujuan

Kalau beberapa keapesan tidak terjadi dalam perjalanan travellingmu. Ada baiknya kamu mengucap syukur terlebih dahulu. Karena sesampainya di tempat asing, potensi keapesan akan semakin besar terjadi, misalnya nyasar. Walaupun sudah pakai google maps, tapi yang nama asing dengan daerahnya, pasti kamu pun akan langsung dibuat bingung. Kalau sudah nyasar, jangan malu deh untuk bertanya kepada warga lokal, atau cari transportasi publik terdekat.

# Paling apes, kecopetan

Yang namanya lagi travelling, pasti banyak barang penting yang kita bawa. Mulai dari paspor, uang, smartphone, hingga kamera. Traveller pun pasti terlihat berbeda dari warga lokal. Maka dari itu, bukan hal yang nggak mungkin kalau traveller sering menjadi sasaran empuk bagi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Kalau udah apes kecurian, mau gimana lagi selain pasrah dan melapor ke petugas keamanan sekitar?

# Booking Hotel Online Dapatnya Tak Sesuai Harapan

Cara paling simpel mendapatkan akomodasi di destinasi traveling, dengan memesannya secara online. Namun cara seperti ini tak menjamin traveler mendapatkan hotel sesuai dengan ekspektasinya. Hasilnya tentu saja berujung pada kekecewaan, meski tak kuasa untuk pindah karena harus mencari hotel lagi dan menambah beban pengeluaran. Keberadaan internet memang sangat membantu traveler untuk merencanakan liburan termasuk mencari penginapan. Banyak situs booking hotel yang beredar di internet namun sayangnya tidak semua foto yang dipajang sesuai dengan keadaan aslinya. Traveler harus lebih teliti sebelum memesan kamar terlebih dengan iming-iming tarif yang murah. Sebaiknya juga untuk membaca review yang diberikan traveler lain yang pernah menginap di hotel yang kamu pilih.

# Traveling ke Luar Negeri Lupa Mematikan Data Seluler

Mungkin kamu pernah mengalami keapesan yang satu ini. Traveling ke luar negeri dan lupa mematikan paket data, hasilnya pulsa ludes terkena tagihan roaming. Bahkan ada pengalaman dari seorang traveler mancanegara yang terkena tagihan roaming hingga satu miliar rupiah hanya karena lupa mematikan paket data seluler. Kejadian apes ini pernah menimpa seorang traveler asal Australia yang beritanya hingga dimuat di media internasional pada September tahun lalu. Saat itu ia lupa menon-aktifkan roaming di ponselnya saat berlibur ke Eropa. Apesnya lagi ponsel miliknya hilang di sana, setelah pulang ia kaget mendapat tagihan pulsa sebesar USD 517 ribu. Ternyata pencuri sempat menggunakan ponselnya untuk melakukan beberapa panggilan luar negeri termasuk ke Somalia. Semoga kejadian apes seperti ini tidak menimpamu.

# Jadi Sasaran Gebuk Harga Saat Makan

Sudah hal lumrah jika suatu tempat wisata memberlakukan tarif yang berbeda antara wisatawan lokal dengan turis asing. Bahkan hal ini juga berlaku saat makan di restoran dan ada saja yang “memalak” turis dengan harga selangit. Kejadian apes seperti ini sudah menjadi cerita klasik yang banyak dialami traveler mana pun dan mungkin juga termasuk kamu. Kena gebuk harga saat wisata kuliner adalah pengalaman apes yang banyak dialami traveler. Kegiatan yang seharusnya menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan tak jarang malah berujung penyesalan telah memilih tempat itu untuk makan. Kadang kesalahan juga berasal dari traveler sendiri yang lengah tidak menanyakan harga makanan yang ia pesan. Pemilik restoran yang nakal akan memanfaatkan kelengahan tersebut. Jadi sebagai pelajaran, jangan lupa untuk menanyakan harga sebelum memesan guys.

# Selvie Berujung Apes

Kejadian apes juga bisa menimpa saat mau foto selfie. Foto di destinasi wisata adalah agenda wajib untuk dishare di media sosial tapi jangan banyak gaya nanti malah bisa celaka seperti yang sudah menimpa banyak traveler di berbagai dunia. Kamu tentu tidak mau hanya demi foto, keselamatanmu menjadi terancam bukan? Banyak kisah tentang foto yang berujung pada keapesan salah satu yang mungkin masih kamu ingat adalah kisah seorang traveler yang berlibur di Ubud pada tahun 2014. Bule wanita ini berniat mengambil foto selfie, pada awalnya rencana traveler ini cukup mulus tapi tiba-tiba ada monyet yang mendatangi dan siap menyerang, sontak wanita tersebut kaget ketakutan. Ada juga pengalaman wanita yang ingin foto dengan unta tapi malah apes karena si unta ingin memakan kepalanya. Banyak kejadian apes saat berfoto, jadi jangan banyak gaya ya saat foto-foto!

Itulah berbagai pengalaman apes selama traveling. Hidup memang selayaknya dua sisi mata uang. Kadang kamu bisa merasa bahagia, tapi nggak jarang juga kamu akan merasakan kesedihan. Dan kalau beberapa keapesan tadi terjadi dalam perjalananmu. Anggap saja hal tersebut merupakan sebuah pembelajaran, agar kedepannya semakin siap dalam menghadapi berbagai situasi. Lalu yang paling penting, jangan sampai menyesal ataupun kapok untuk travelling. (*/KUM)

LEAVE A REPLY