Travel Blogger: 4 Destinasi Wisata Mahakarya Indonesia

0
46
Raja Ampat

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Indonesia surganya bagi para traveler. Dari Sabang-Merauke terbentang keindahan alam yang istimewa, kekayaan budaya yang beranekaragam, kulinernya yang melimpah, serta adat istiadat yang berbeda-beda. Bahkan pariwisatanya bervariasi karena setiap daerah punya ciri khas dan filosofi unik. Setiap daerah merupakan bukti mahakarya dari Tuhan juga karya manusia.

Tak heran jika hampir semua destinasi wisata di Indonesia punya ciri khas yang berbeda-beda dari setiap daerahnya. Orang Indonesia harus bangga dan melihat langsung dengan menjelajahi masing-masing daerah, demikian hasil rangkuman travel blogger Ashari Yuda dan
Sejarawan JJ Rizal saat Diskusi Wisata soal Perjalanan Eksplorasi Mahakarya Kebanggan Indonesia di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

JJ Rizal mengakui keberagaman di Indonesia menjadi suatu hal yang bisa menyatukan penduduknya. Karena bila dijelajahi satu per satu, 34 provinsi yang ada di Indonesia punya keunikan masing-masing. “Kita harus bangga dengan tanah air Indonesia, negeri ini punya pesona karena keberagamannya,” lontarnya.

Pria yang akrab disapa Bang JJ menambahkan, keberagaman itu dapat menyatukan Indonesia. Bila ditelaah lebih lanjut, Indonesia punya mahakarya dari segi keindahan alam, budaya, kuliner hingga warisan leluhur. Hal ini jadi sesuatu yang berharga yang harus diangkat dan dikenalkan hingga kancah dunia. Diawali dari masyarakat sendiri, mengenal adat istiadat dari keluarga sendiri dan budaya orang lain.

Namun keunikan dari masing-masing budaya ini tidak hanya apik dari fisiknya. Ada segenap jiwa yang bisa ditangkap di baliknya. “Jiwa tersebut menjadi satu hal yang tidak kalah penting untuk diapresiasi oleh orang Indonesia sendiri. Keagungan mahakarya ini sudah dikenal sejak zaman dulu dan sekarang,” sambungnya.

Ashari Yuda, dikenal dengan pemilik blog Catatan Backpacker menambahkan ada beberapa destinasi wisata yang tergolong mahakarya yang besar yakni tak luput dari perseorangan. Nenek moyang kita sudah mengenalkan banyak hal yang unik sejak lama.

Diharapkan hal ini tidak tergerus oleh zaman yang bisa merusak nilai budaya dan harus dijaga. Semua hasil mahakarya itu sangat berkaitan erat dengan kegigihan, kesabaran, gotong royong dan kerendahan hati seorang penciptanya. “Dari mahakarya kita banyak belajar, apalagi mahakarya lahir di tiap zaman. Kalau bicara satu mahakarya besar sekali maknanya yang bisa dikenalkan ke seluruh bangsa,” tukasnya.

Kolaborasi sejahrawan dan travel blogger ini telah mengeksplorasi empat wilayah di nusantara, yaitu Jawa-Madura, Sumatera, Sulawesi hingga Papua. Di setiap destinasi, Yudha mengangkat beragam kekayaan mahakarya yang telah menjadi kebanggaan, sambil menekankan tentang betapa pentingnya bagi kita semua untuk menjaganya agar terus terjaga sempurna dari generasi ke generasi.

Keempat destinasi wisata Mahakarya Indonesia, adalah:

# Papua
Siapa tak kenal dengan Papua, cukup unik dengan alam dan manusia bisa bersatu. Jika mendengar nama Papua, traveler pasti akan kagum dengan pesona alamnya. Meski di zaman modern, penduduknya masih memegang teguh budaya leluhur. Ada hal yang paling unik jika Anda ingin kenal lebih dekat dengan Papua. Seperti adanya festival budaya yang dinamakan Festival Lembah Baliem. Acara ini menjadi cermin kegigihan masyarakat Papua, yang membuat traveler tertarik. Festival ini diadakan di pegunungan Wamena yang menunjukkan atraksi budaya antar suku di Papua. Festival Lembah Baliem namanya sudah mendunia dan jadi buruan traveler. Tak hanya itu, hal yang identik dari Papua yakni adanya noken dan koteka, serta rumah honai. Semuanya merupakan kerajinan tangan asli buatan tangan penduduk setempat. Keunikannya itu jadi sebuah mahakarya yang bisa dinikmati oleh siapapun dan harus dihargai.

# Sumatera

Jangan remehkan destinasi wisata yang ada di Pulau Sumatera. Ada pulau yang menarik dikunjungi yakni Mentawai. Penduduknya punya kebiasaan unik yang diterapkan karena leluhurnya. Mereka punya kebudayaan mentato badan yang berfilosofi sebagai pakaian seumur hidupnya. Setiap tato yang mereka buat sangat berbeda-beda bentuknya. Cara mentatonya juga unik dengan proses yang dilakukan perlahan-lahan. Hampir semua tatonya punya makna seperti kepala keluarga yang berarti papan yang merujuk pada rumah. Ada juga tato yang menceritakan tentang jaring ikan yang menjadi mata pencaharian penduduk asli Mentawai sejak lama.

# Madura
Alat musik sebenarnya jadi satu hasil karya unik buatan manusia. Tapi maknanya bisa menggambarkan suatu daerah yang saling berkaitan. Seperti alat musik saronen atau terompet, yang bentuknya kerucut dengan 9 lubang. Orang yang membuat saronen menggunakan bahan-bahan alam yang bisa menghasilkan bunyi yang enak didengar. Adapun bahan peniup saronen juga terbuat dari batok kelapa dan pohon siwalan. Alat musik ini sangat unik dan punya nilai sejarah yang tinggi bagi penduduk Madura.

# Sulawesi
Kapal pinisi sudah menjadi ikonik Kota Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal besar ini juga salah satu mahakarya unik yang harus dihargai. Meski bahannya tampak sederhana dari kayu-kayuan, kapal ini punya peranan penting bagi penduduk asli Bugis. Kapal ini dikenalkan sejak abad ke-14, yang diturunkan oleh leluhurnya hingga sekarang. Rupanya, awal pembuatan kapal pinisi ini jadi salah satu saksi cinta seorang lelaki yang jatuh hati pada putri dari kerajaan Bugis. Kalau ingin meminang, lelaki itu harus membuat kapal pinisi dengan cepat. (NDIK)

LEAVE A REPLY