Tragis. Lima Insiden Guncang Taman Hiburan Dreamworld

0
181
Roller Coaster Berhenti di Tengah Atraksi

GOLD COAST, bisniswisata.co.id: Taman Hiburan Dreamworld Gold Coast Austrlia kerap diguncang insiden yang sangat tragis. Padahal, tempat rekreasi wisata ternama di Negeri Kangguru ini menjadi tujuan wisata yang didatangi wisatawan lokal hingga internasional.

Kini aparat tengah melakukan penyelidikan sedang dilakukan di taman hiburan Dreamworld, menyusul tewasnya empat orang dalam kecelakaan di wahana Thunder River Rapids, permainan arung jeram. Banyak sejumlah wahana yang mengalami kerusakan di Gold Coast sebelumnya, tetapi belum ada yang sama tragisnya apa yang terjadi Selasa lalu (25/10).

Selama satu dekade terakhir, telah ada beberapa insiden yang melibatkan pelayanan darurat, termasuk kecelakaan helikopter dan wahana yang mesinnya mati di tengah atraksi. Demikian laporan www.australiaplus.com, Jumat (28/10/2016):

01. Helikopter Jatuh di Tempat Parkir

Penerbangan yang seharusnya penuh kegembiraan berubah menjadi mencekam setelah helikopter jatuh di kawasan tempat parkir di Dreamworld, Juni 2009. Untungnya, empat penumpang dan pilot selamat dengan luka ringan. Penyelidikan kemudian menemukan helikopter tersebut tidak memiliki bahan bakar yang cukup ketika lepas landas. Penerbangan tersebut sejatinya berdurasi 20 menit. Pilot helikopter menuai banyak pujian karena telah mengarahkan helikopter ke area kosong di tempat parkir mobil. Sejak insiden itu, Dreamworld belum pernah lagi menerbangkan helikopter.

02. Roller coaster Berhenti Dua Kali dalam Sehari

Wahana Green Lantern Coaster di Movie World berhenti dua kali dalam satu hari, Januari 2013. Delapan orang menghabiskan waktu sekitar 70 menit dalam atraksi yang terhenti. Operator taman hiburan menyalahkan pada masalah kabel yang kecil. Setelah melanjutkan atraksi, sistem keamanan mematikan tenaga penggerak, menyebabkan delapan penumpang terjebak di tengah-tengah atraksi. Tak ada satu pun dari penumpang yang terluka dan wahana tersebut dibuka kembali hari berikutnya.

03. Roda Roller Coaster Terlepas

Sebanyak 13 orang terjebak di Green Lantern Coaster, enam orang diantaranya bahkan terjebak selama tiga jam, setelah roda lepas. Insiden ini terjadi pada Maret 2015. Enam orang dibawa ke rumah sakit Gold Coast Hospital dalam kondisi stabil. Salah satu saksi, Caleb Rehua mengatakan ia tahu sesuatu tidak beres pada wahana di Movie World tersebut.

“Ketika kami turun, kita mendengar dua baut besar jatuh ke bawah dan semua orang panik. Rasanya seperti film nyata. Kita semua harus turun … kereta jatuh meluncur dan kemudian mereka menghentikan atraksi,” katanya.

04. Seorang Remaja Hampir Tenggelam

Layanan Gawat Darurat mengatakan seorang pria hampir tenggelam setelah ia terlempar dari perjalanan perahu luncur di Dreamworld, awal tahun 2016. Ia dibantu keluar dari air dan kemudian dibawa ke rumah sakit dengan luka di bagian wajah.

05. Roller Coaster Berhenti di Tengah Atraksi

Beberapa orang harus dievakuasi dari roller coaster di Sea World. Insiden terjadi pada September tahun 2016 ini, yang bertepatan dengan musim liburan sekolah. Staf Sea World memanjat wahana untuk membantu mereka yang terjebak agar bisa turun ke bawah. Tidak ada yang terluka saat roller-coaster terhenti di tengah atraksi. (*/AC)

LEAVE A REPLY