Tour Operator Perancis Sambut Positif Promosi Wonderful Indonesia Di Paris

0
205

BUKIT TINGGI, Sumatra Barat bisniswisata.co.id: Tour Operator Perancis sambut baik strategi promosi Wonderful Indonesia di 8 bus OPENTOUR di kota Paris mulai 11 April – 9 Mei 2017 karena akan memicu keingintahuan masyarakat Perancis tentang destinasi wisata di Indonesia, kata Albane Enaud, Production Manager Explorator, tour operator dari Paris.

Bus dengan desain bertema selancar, Danau Toba dengan rumah tradisional Batak, anak-anak Indonesia dengan pakaian tradisional dari berbagai daerah, diving kelas dunia, Pulau Komodo, gadis Bali dan Candi Borobudur menjadi pemandangan unik di tengah kepadatan di Negeri Menara Eiffel itu.

“Bus-bus itu akan menarik perhatian orang dan memicu keingintahuan mereka tentang Indonesia. Jujur saya tidak paham logo Wonderful Indonesia yang mirip burung, tapi intinya setelah melihat gambar indah di badan bus, maka website yang harus dikunjungi juga harus mencolok atau eyes catching,” kata Albana hari ini.

Laman website Indonesia, www.indonesia.travel seharusnya juga ditempatkan di bawah tulisan Wonderful Indonesia sehingga sekali melihat orang akan paham kemana informasi lebih lanjut bisa diperoleh.

“Promosi mobile itu bagus dan pastinya menarik perhatian karena badan bus ditutupi destinasi wisata seperti Danau Toba yang sedang saya kunjungi dan juga obyek wisata lainnya,” kata Albane yang baru saja pulang dari Flores dan Sumbawa sebelum bergabung dengan group Famtrip dari Perancis di Jakarta.

Pihaknya sudah menjual paket wisata ke Indonesia dengan sedikitnya 6 jenis paket wisata mulai dari 12 hari hingga 22 hari,” ungkapnya sambil menjelaskan kunjungan pertamanya mengekplorasi destinasi Jawa-Bali dan Lombok pada 2012 selama tiga minggu.

Kedatangan keduanya saat ini juga selama tiga minggu. Bersama mitra lokalnya dia berwisata di Flores dan Sumbawa serta menemukan bahwa produk wisata Beyond Bali tidak kalah menarik.

“Bali sudah menjadi produk massal, banyak turis yang datang sedangkan klien kami mencari tempat yang tenang bahkan tersembunyi. Karakteritis turis kami suka mengeksplor seni dan budaya, keindahan alam, adventure dan berinteraksi dengan penduduk lokal, “ kata Albane.

Kehadiran promosi Wonderful Indonesia di bus-bus wisata di Paris tentunya sudah di diskusikan oleh Kemenpar dengan industri wisatanya sebagai ujung tombak dalam menjaring wisman ke Indonesia karena itu selain promosi mobile juga harus aktif mengikuti bursa wisata yang ada di Perancis dan di berbagai kota.

“ Jepang juga berpromosi di stasiun metro tapi kalau Indonesia strategi pemasarannya justru bergerak dan berkeliling kota Paris. Saya berharap akan berdampak positif untuk perusahan kami,” ujarnya.

Albane ( atas) dan Audrey ( bawah) tour operator Perancis yang akan menjual paket wisata ke destinasi unggulan di luar Bali. ( foto: HAS).

Pengalaman berwisata mulai dai Jogya hingga Lombok dan kali ini mulai dari Nusa Tenggara Timur seperti Flores, Sumbawa, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Belitung membuat dia yakin bisa menciptakan produk-produk wisata Beyond Bali.

“Website Explorator , www.explo. com menunjukkan kami menjual paket Bali-Lombok selama 22 hari, Bali-Jawa 13 hari, Bali-Sulawesi 21 hari, Danau Toba, Sumatra Barat – Bukit Tinggi- Padang selama 19 hari dan 15 hari. Ke depan kami harus mengatakan pada klien, kita tidak ke Bali tapi mengexplore di luar Bali” jelasnya.

Sebagai tour operator pihaknya menawarkan niche market untuk berwisata ke Indonesia dengan grup kecil berkisar 4-12 orang atau Free Individual Traveller ( FIT) dari keluarga Perancis yang ingin berlibur musim panas saat libur.

Audrey Nicaud, tour operator Bali Seken berharap promosi Wonderful Indonesia di bus wisata akan berdampak positif terhadap penjualan paket-paket wisatanya ke Indonesia.

“Tahun lalu sekitar 1500 turis Perancis yang berkunjung ke Indonesia melalui Baliseken karena sebagai wholeseller kami mengemas paket wisata ke mitra-mitra kami ( B to B) dan berharap tahun ini bisa meningkat menjadi 2000 orang,” kata Audrey Nicoud.

Meski produk utamanya di www.baliseken.fr unggulkan wisata ke berbagai pelosok Bali, namun Audrey juga mengemas paket wisata ke Lombok, Jawa, Sulawesi dan pulau-pulau lainnya.

“ Kami melayani paket perorangan sesuai dengan paket wisata keinginannya, juga melayani group khusus MICE dan lainnya,”

Audrey menyambut positif promosi Wonderful Indonesia di Paris meski baru taraf menyita perhatian masyarakat setempat dan wisman yang datang ke Paris. “ Harus ada tindak lanjut dan promosi berkelanjutan,” tandasnya.( Hilda Ansariah Sabri).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY