Tour Operator Asing Bidik Pasar Muslim Traveler Indonesia

0
380

Savana dan rekan kerjanya bidik pasar wisatawan Muslim Indonesia di TTC Travel Mart

JAKARTA, bisniswisata,co.id: Besarnya pasar Muslim Traveler di Indonesia menjadi daya tarik tour operator asing untuk menghadiri TTC Travel Mart ke 25 yang diselenggarakan Tedjo Iskandar, penyelenggara bursa wisata independent untuk para pelaku bisnis.

“ Travel Mart kali ini yang ke 25 dan diadakan di dua kota yaitu masing-masing d Hotel Redtop Jakarta, 5 September dan Hotel Aryaduta Bandung, 7 September 2016. Kali ini sejumlah tour operator asing sebagai seller ( penjual) berupaya membidik pasar Muslim Traveler dari Indonesia,” ujarnya kemarin

Antonis Kontaris, Sales Manager Renaissance Hellas, tour operator dari Athena, Yunani yang baru pertama kali ikut TTC Travel Mart mengatakan partisipasinya karena mendengar meningkatnya perekonomian dan tumbuhnya kehidupan masyarakat kelas menengah atas serta adanya kebutuhan berwisata bagi Muslim Traveler diluar wisara religi Umroh dan haji.

“Perekonomian yang terus tumbuh dan jumlah penduduknya yang besar sudah jadi pasar potensial menarik bagi kami. Jadi target utama berkenalan dulu dengan para pembeli (buyer) dari kalangan industri wisata di Indonesia setelah itu kami akan bikin tour khusus Yunani saja bagi turis Indonesia,” ujarnya.

Antonis Kontaris mengatakan yang belum banyak diketahui adalah wilayah Utara Yunani yang berbatas dengan Turki adalah tempat tinggal kaum minoritas Islam sehingga ke depan pihaknya bisa menjaring Muslim Traveler Indonesia ke sana.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa terdapat satu perkampungan Islam di Yunani yang memang belum banyak terekspos oleh publik, yaitu di wilayah ‘Thrace area of Greece,’yang meliputi wilayah Komotini,Xanthi, Alexandroupolis dan Soufli.

Antonis Kontaris dari Yunani bidik pasar religi Kristiani maupun Islam
Antonis Kontaris dari Yunani bidik pasar religi Kristiani maupun Islam

Menjaring Muslim Traveler dari Indonesia juga dilakukan oleh Savana, Operation Manager Chengdu Wonderful Tour International Travel Service Co Ltd, peserta seller dari China yang juga baru pertama kali ikut TTC Travel Mart.

“Kami sudah mendengar banyak wisatawan Muslim Indonesia yang ingin berwisata dengan jaminan mendapatkan makanan halal dan bisa sholat dengan nyaman. Oleh karena itu kami kali ini menawarkan paket wisata halal diantaranya mengunjungi Mesjid Huang Cheng dan komunitas muslimnya,” kata Savana.

Chengdu merupakan ibukota Provinsi Sichuan yang terletak di tengah-tengah dataran Chengdu yang juga menjadi jalur darat utama untuk menuju ke Tibet. Kota yang mendapat julukan Negeri Surga (Heavenly State) ini merupakan habitat alami bagi hewan lucu khas China, yaitu panda.

Kota ini juga menawarkan berbagai keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu menghadapi musim dingin dia juga menawarkan paket main ski yang tarifnya jauh lebih murah daripada ke Korea dan Jepang, ujarnya meyakinkan.

“Pada acara TTC Travel Mart ini kami juga membawa tim promosi pariwisata dan tim kesenian untuk mendorong tour operator Indonesia membuat paket wisata ke Sichuan karena kami juga punya paket cruise dengan kapal pesiar dari Sichuan ke Tibet,” jelasnya.

Ramai-ramai membidik pasar Muslim Traveler dari Indonesia juga dilakukan oleh Awangku Haji Alli, Muslim Tour Consultant dari Anthony Tour, Brunei Darussalam yang baru pertama kali mengikuti travel mart ini.

“Dulu banyak wisatawan Indonesia yang pergi Haji dan Umroh dan menjadikan Brunei Darrusalam sebagai bagian dari paket perjalanannya. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi karena itu kami ingin menjaring kembali Muslim Traveler dari Indonesia” ungkapnya.

UntuK berwisata akhir pekan saja juga sudah cukup karena paket wisata kami bervariasi dua hari satu malam arau rata-rata hanya 3 hari dua malam sehingga bisa dilakukan saat week-end tidak perlu menunggu cuti khusus, ungkap Awang.

Dia meyakinkan para buyer dari Indonesia untuk mengemas bersama paket wisata halal ke Brunei karena selain negara serumpun dan mayoritas Muslim, jaminan wisata halal juga mudah karena tersebar mesjid-mesjid indah dan restoran halal.

“ City Tour di Bandar Seri Begawan sudah ternasuk mengunjungi Mesjid Soas, Royal Regalia Building, mengunjungi Mesjid Jami Asri dan Kampung Ayer atau kampung di atas air dengan 30.000 orang penduduk, belanja suvenir dan ke Istana Nurul Iman,”

Untuk wisatawan Muslim Indonesia yang ingin tinggal sejenak di Kampung Ayer dan makan masakan setempat juga dapat diakomodasi oleh Anthonys Tour. Selain itu bisa mengunjungi kota minyak Seria, ke taman nasional Ulu Emburung dan banyak obyek lainnya.

“Brunei belum menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan Indonesia karena itu saya optimistis untuk menjaring wisatawan Muslim Indonesia” kata Awang . (Hilda Ansariah Sabri)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY