TOTO Museum, Berwisata sambil Pelajari Sejarah Toilet

0
1370
toilet bike (AP Photo/Koji Sasahara)

EPANG, test.test.bisniswisata.co.id: Toilet memang sebuah kebutuhan penting dalam hajad hidup manusia. Keberadaan terkadang dilupakan, disepelekan, diabaikan dan dianggap sebarang barang yang tak penting. Artinya jika rusak ya dibuang. Namun produsen dunia terbesar dalam bidang toilet TOTO, punya kepedulian tinggi dengan membuka museum toilet.

Dilansir dari Rocketnews24 Jumat (11/9/2015) museum baru ini terletak di Kota Kitakyushu, Prefektur Fukuoka Jepang dan resmi dibuka untuk umum pada Jumat 28 Agustus 2015. Dan kini menjadi destinasi baru bagi wisatawan yang datang ke Jepang. Tujuannya agar wisatawan mengetahui sejarah panjang soal toilet.

Di dalam museum, berbagai produk historis tentang TOTO ditawarkan, salah satunya adalah informasi bahwa TOTO sebenarnya dulunya berproduksi dalam bidang peralatan makan, sampai pada saatnya harus dihentikan pada tahun 1970 lalu beralih ke alat-alat yang ada didalam toilet.

Selain sejarah dari terbentuknya TOTO, pengunjung juga dapat melihat sejarah Fisik dari produk-produk TOTO dari tahun ke tahun. Mulai dari washlet, washtafel, Bathup, shower dan lain-lain. Bahkan sampai ada pameran bentuk-bentuk produk TOTO yang menyesuaikan culture dari benua-benua di dunia, seperti Amerika, Eropa dan Asia.

Pengunjung seakan diajak mundur 50 tahun kebelakang untuk melihat perjalanan perusahaan didirikan pada 1917 ini. Bangunan museum juga dibuat stylish dan elegant dengan warna putih marmer khas toilet.

Grand opening dari museum tampaknya menjadi kesuksesan besar. Meskipun dibuka pada hari kerja, namun pengunjung tak henti-hentinya mengalir berdatangan ke tempat ini.

Sedikitnya ada 950 fitur produk yang dipamerkan The Toto Museum. Evolusi WC bermula dari model pembilasan pertama tahun 1914, dan mengalami inovasi setiap tahunnya hingga era modern dimana kini memakai kursi dipanaskan dan mekanisme pembilasan rumit. Bahkan termasuk wc yang dirancang dan dibangun untuk State Guest House di Tokyo, yang mengakomodasi dikunjungi pejabat asing, dan kamar mandi dipasang di ibukota Hotel New Otani untuk Olimpiade 1964.

Model terbaru yang terkenal juga sangat populer dari perusahaan Washlet ini adalah toilet jenis kursi, yang menampilkan kursi listrik dan bidet built-in, juga dipamerkan. Satu model, Toto Washlet S300, memiliki kursi dipanaskan, ditarik tongkat pembersih, pijat air hangat, pengeringan udara hangat dan built-in deodoriser.

“Toto telah mengambil bagian dalam modernistation Jepang dengan mencapai cita-cita pendirinya untuk membawa gaya hidup sehat, budaya orang Jepang.” papar seorang wisatawan yang mengujungi museum Toilet. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.