Topan Nida Sapu Hong Kong, 150 Penerbangan Dibatalkan

0
269
Hong Kong diguncang badai Nida

HONG KONG, test.test.bisniswisata.co.id: Topan Nida menyapu Hong Kong, Selasa (2/8) menganggu ratusan penerbangan. Juga, daerah dataran rendah disiagakan banjir. Topan besar pertama Hong Kong membawa hembusan lebih dari 100 kilometer per jam. Setelah membuat pendaratan di provinsi Guangdong Cina, Observatorium mengeluarkan peringatan kuning yang menandakan hujan deras.

Dilansir Reuters, Selasa otoritas bandara mengatakan, lebih dari 150 penerbangan dibatalkan. Ratusan penumpang terdampar di bandara dan 290 penerbangan tertunda. Selain mengacaukan penerbangan, Nida yang bergerak secara bertahap ke daerah-daerah pedalaman Guangdong juga mengacaukan perdagangan pasar saham.

Bursa Hong Kong dan Clearing Limited (HKEX) mengumumkan bahwa perdagangan pagi di pasar surat berharga, termasuk perdagangan Shanghai-Hong Kong Stock Connect dan pasar derivatif tertunda karena topan.

Sesi perdagangan pagi di bursa Hong Kong ditangguhkan jika sinyal topan tetap pada angka delapan atau lebih tinggi hingga pukul sembilan waktu setempat. Pasar saham hanya akan dibuka setengah hari jika sinyal topan masih di angka delapan hingga siang.

Jalanan sebagian besar sepi dan toko-toko ditutup sejak Senin (1/8) malam ketika topan dikabarkan. Banyak orang pulang kerja lebih awal. Seberang perbatasan, provinsi Guangdong menutup kantor, pabrik dan sekolah pada Senin, bersiap untuk Nida.

Bulan lalu, Topan Nepartak membuat setidaknya 420 ribu penduduk Cina mengungsi dari rumahnya. Di Provinsi Fujia, kerugian mencapai lebih dari 1,1 miliar dolar AS. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.